3 Days Fighting AdWare

Whoa… Teman-teman di kantor sampai heran, PC-nya net admin bisa kena virus! “admin juga manusia…” he…he…he…
Ini gara-gara ngebet cari aplikasi yang bisa jalan di WM5. Sampai download dan jalanin c**** nggak kira-kira. Padahal saya sudah di warning sama Mbah Gugel saat hendak masuk ke situsnya. Bandel sih. Saat coba c****nya, nothing happened, malah filenya menghilang! Saya langsung lemes. Ini pasti virus/ worm/ adware dan jenis fauna lainnya. Symantec Anti Virus 9 Corporate Edition diam saja. AVG 7.5 pun diam saja. Duh!
3 hari berkutat dengan ini. AVG Anti-Spyware terbaru hanya bisa menemukan bahwa ini adalah AdWare .Virtumonde tanpa bisa mengilangkannya. Dengan bekal keyword ini saya hunting lagi. Temuan saya mengejutkan, ini bukan hanya adware, tapi juga keylogger! Walah… Saya juga menemukan bahwa SAV, AVG, dan Ad-Aware SEmemang belum bisa menghilangkan varian Virtumonde ini. Banyak juga situs anti spyware yang memakai Virtumonde sebagai alat promosi. Terlalu banyak penawaran removal download, dari sumber yang tak pasti pula. Saya ‘sedang’ kapok download semena-mena. Instruksi manual untuk membersihkannya pun tak sesuai. Ugh, pusing.
Langkah terakhir: update online Windows XP nya. Semoga bisa terhadang oleh Windows Defender versi baru.
Hwarakadah! Habis shutdown, kok license Windows saya harus diaktifkan lagi! Ampun dah! Masak mesti telpon ke Singapura sih!

March 31st, 2007 by