Video Streaming dengan VLC Player

Ehm… my last assignment di kantor ini: set up video streaming dari Jakarta untuk cabang Surabaya. Salah satu teman menyarankan, “Pakai VLC aja”. He??? Bisa gitu? Ternyata mudah!
Cara Broadcast
Colok sumber gambar. Bisa dari webcam atau dari handycam. Kali ini saya pakai handycam jadul Sony DCR TRV 40E. Nyambung ke komputer pakai firewire. Setelah nyalain VLC player, Klik menu Media – Streaming…. Pilih Tab Capture Device, lalu pilih Device Selection, atau tinggalkan as Default (saya tinggalkan semuanya Default), lalu klik tombol Stream di bawah. Isian Source tinggalkan apa adanya, klik Next. New Destination pilih HTTP, dan jangan lupa klik Add. Lalu Profile pilih sesuaikan dengan bandwidth anda. Saya sih pilih yang atas (Video – H.264 + AAC (MP4)) untuk kualitas maksimum atau pilih yang agak rendah (Video – Theora + Flac (OGG)). Pilihan pertama perlu bandwidth kira kira 2,5Mbps. Pilihan kedua cukup 1,6Mbps. Habis itu klik Next. Lalu klik Stream. Done. So, komputer anda sedang memancarkan aliran data video di protokol HTTP pada port 8080.
Cara Melihat
Buka VLC di komputer lain (atau kalau mo coba-coba ya di komputer itu saja lagi). Klik menu Media – Open Network Stream. Lalu ketikkan http://:8080 dan klik Play. Nggak nongol? Cek firewall anda apakah memblokir port 8080 atau tidak.
Cara Merekam
Sama dengan cara melihat, tapi pilih Convert. Isikan Destination file. Pilih Profile. Centang Dump raw input. Dan klik Start. File akan terbentuk dan menambah terus sampai anda menekan tombol Stop di VLC Player.
Have fun!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top