DIY: Cara ganti klakson Honda New Jazz 2011

Well, suara klakson OEM Honda Jazz (termasuk yang MMC 2011) yang beredar di Indonesia memang cemen, cupu, ngga banget, “kek suara bebek” kata Willi. So demi bisa berfungsi dengan normal untuk penggunaan di Jakarta, saya ganti pakai yang lebih besar. Saya memilih Hella Twin Tone Black.
Problemnya, klakson OEM itu super mini, kelihatannya lebih kecil dari klakson Honda Beat, jadi mountingnya dipasang di sisi kanan dalam bumper. Untuk memasang klakson keong Hella diperlukan tempat yang lebih luas. Ada dua pilihan: pasang jadi satu persis di belakang grill, atau pasang terpisah satu di belakang grill dan satu lagi di bawah headlamp kiri. Well untuk ruang di bawah headlamp kiri memang super lega, cuman harus bikin mounting lagi. Akhirnya saya pilih dijadikan satu di belakang grill. Ini yang saya lakukan (maaf, ga ada gambarnya, cuman tulisan doang).


Buka bumper dengan cara melepas dua sekrup di bagian samping bawah bumper dan di atas dalam fender. Lakukan untuk kanan dan kiri. Lalu lepas empat kancing di atas bumper (congkel perlahan pakai obeng gepeng yang ujungnya ditutup kain. Setelah itu tarik bumper yang menempel pada fender, ada 3 klip kecil. Setelah itu diteruskan dengan menarik bemper yang berada di bawah headlamp. Untuk mempermudah, congkel empat klip yang berada di bawah headlamp menggunakan obeng gepeng kecil. Lakukan untuk kedua sisi kanan dan kiri. Setelah itu, lewatkan tuas pembuka engine hood ke dalam bumper agar bisa leluasa melongok ke dalam grill. Biarkan bagian bawah bumper.
Setelah bisa melihat posisi klakson OEM, perhatikan di sisi tengah ada lagi lubang baut yang tak terpakai. Di situ lah nanti mounting akan dipindahkan karena ruangnya lebih luas.
Lepas kabel klakson. Lepas mounting klakson dari bodi mobil. Lepas klakson asli dari mountingnya. Pasang Twin Tone pada mounting, usahakan serapat mungkin tapi jangan sampai bersentuhan. JANGAN sekali-kali mengendorkan atau mengencangkan sekrup yang menghubungkan klakson dengan plat penyangganya karena akan mengubah frekuensi dari klakson. Pasang mounting pada lubang baut yang berada di belakang grill.
Sekarang soal cabling. Siapkan kabel serabut tebal secukupnya, relay 4 kaki (atau yang 5 kaki juga bisa) dan sekering (15A sudah lebih dari cukup). Paralel-kan kaki-kaki klakson, minus dengan minus, plus dengan plus. Yang minus hubungkan dengan ground. Yang plus hubungkan dengan kaki relay nomor 87. Kupas sedikit kabel klakson OEM, sambung dengan kabel dan hubungkan dengan kaki relay nomor 86. Sambungkan kaki relay nomor 85 dengan ground. Sambung kaki relay nomor 30 dengan sekering, lalu dari sekering hubungkan ke kutub positif aki. Referensi wiring klakson banyak ditemukan via Mbah Gugel. Silakan melihat referensi yang lebih baik di sana.
Tips:
Sebelum mengembalikan bumper, ada baiknya coba dulu klaksonnya.
Misal anda menggunakan relay kaki 5 dan klakson langsung berbunyi saat anda menghubungkan kabel ke kutub positif aki, coba pindahkan kabel di kaki relay nomor 87 ke kaki relay nomor 87A.

September 9th, 2011 by