Suka Dukanya Sistim Jadul

Sebenarnya bukan jadul sih, cuman tak populer. Movabletype 5 yang baru-baru ini dirilis tampilan dan workflow adminnya sangat mengingatkan pada WordPress. Jujur, saya sendiri belum pernah pakai WordPress, hanya ngiler saat melihat teman saya membuat web dengan itu. Hm… weblog engine dan CMS engine oleh WordPress serasa dilebur jadi satu. So, pilih pindah engine?
Ternyata tak segampang itu. Postingan saya sudah seribu lebih, komentar ada enam ratus lebih. Kalau dipindah ke WordPress (sepertinya cuman ke situ opsi portingnya) saya harus menangani URL hotlink yang segambreng pada postingan saya. Belum lagi workaround agar Google Search tetap menunjuk halaman yang sama kayaknya susah. Pilihan paling enak memang tetap pakai Movabletype.
Problemnya satu: hostingan saya di Ardhosting (saya putuskan) tidak support ImageMagick yang desperately saya perlukan untuk menjalankan Captcha pada fitur komentar. Sudah berhari-hari diskusi dengan CS nya dan tidak membuahkan hasil. jalan terakhir: pindahan!
Pindahan pun tak mudah. Saya perlu satu hari penuh untuk mempersiapkan hostingan baru. Maklum, di rumah baru (tapi lama) ini semuanya diurus sendiri. Problem lain muncul: dynamic publishingnya ga jalan! Haaa…!!! Errornya nongol di PHP:
mod_fcgid: stderr: PHP Warning: include(): Failed opening ‘/var/www/…/mt.php’ for inclusion (include_path=’.:/usr/share/php:/usr/share/pear’) in /var/www/…/mtview.php on line 3
mod_fcgid: stderr: PHP Fatal error: Class ‘MT’ not found in /var/www/…/mtview.php on line 4

Sudah cari-cari dimana-mana tak ada solusi. Yang jelas problem ada di server saya, bukan di Movabletype nya. Susahnya pakai engine yang tak populer: supportnya minim! Trus solusinya gimana? ya matiin deh dynamic publishingnya. Rebuild 1.141 articles perlu waktu 15 menit lebih dan 39MB space hanya buat file html saja. (P4 3GHz, DDR1 2GB, SATA1 80GB). Dan susahnya saya belum memantapkan diri soal desain. Haiyaaa…
Yah, pokoknya jalan dulu dah. Saya gregetan tiap kali melirik error.log yang mention Google Bot (dan bot lainnya) gagal crawling page-page saya.

September 27th, 2012 by