Tugas TIK Salah Kirim


Beberapa hari belakangan email Google saya dikirimi beberapa artikel “aneh”. Yang pertama mengenai “Sejarah Mozilla Firefox”. Beberapa hari kemudian masuk lagi tentang “Toolbar Browser”. Pengirimnya satu orang. Spamming? Tapi isi artikelnya paling hanya copas dari Internet, tak ada nilai komersialnya sedikitpun. Eh, kemarin muncul lagi satu, kali ini dari pengirim yang berbeda. Topiknya tetap sama, “Sejarah Mozilla Firefox”. Dan kali ini saya ngeh karena dia ikut memasukkan nama kelas dan jurusannya, ha!!!
Ternyata beberapa anak ini salah menuliskan alamat email gurunya. Sudah saya balas agar minta konfirmasi lagi ke gurunya perihal alamat email. Well, tak ada balasan lagi, mungkin sudah beres. Sampai tadi pagi muncul lagi satu! Haduh! Ini dari anak ketiga. Setelah membalas emailnya, saya lalu “iseng” tracing. Ternyata semua email nyasar itu dari Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang. New keyword! Saya ketik “guru TIK SMA Negeri 3 Malang”, dan whops… yang muncul memang namanya mirip dengan saya, plus link ke akun Facebook. Akhirnya saya kirim saja pesan via Facebook sang guru. Semoga bisa diklarifikasi ke anak didiknya.
Off topic: ternyata mudah sekali mencari data sekolah, kelas, dan jurusan seorang siswa.


Semuanya terpampang dengan jelas di situs KemDikBud. Apakah data itu untuk keperluan publik? Bukannya harusnya pihak-pihak tertentu saja yang bisa mengaksesnya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top