Philips LED 220-240Vac

Sabtu lalu saya tertarik membeli lampu LED merek Philips di Carrefour. Gimana tidak, dengan daya 9 watt bisa menghasilkan cahaya setara 60 watt, plus iming-iming tahan sampai 15 ribu jam! Coba dulu, beli satu dan pasang di ruang keluarga.
Minggu lancar, senin OK, selasa malam KO! Usut punya usut tenyata working rangenya cuman 220-240Vac! Haduh! Salah saya juga kenapa tidak teliti saat membeli. Tapi dengan dalih “common sense” harusnya produk yang dijual di Indonesia juga sudah “sesuai” dengan kualitas listriknya juga.

Hari ini saya menulis surat keluhan ke Philips dan Carrefour melalui situs webnya, isinya mirip lah.


I’ve bought a Philips LED from superstore Carrefour last Saturday (10 Nov 2012). But at night it won’t lighted up, just realize that your product working range is 220-240V. As well known, electricity in Jakarta (where I live) never reach 220 at night. Those kind of product(s) shouldn’t sold in Indonesia regarding electricity quality generally.
What should I do with this product? it does turned on brightly at morning to evening thou… FYI, the markings on the bulb says “9W 6500K 70mA 220-240Vac 50-60Hz Made in China (anchor sign) 2G 9290002169”. The lamp stil attached on my ceiling now.
Hope can get fast response from Philips.

Tambahan:
Carrefour hebat! Barusan telepon dan menawarkan retur. Hehehe… Tar malem jelas akan saya retur.
Tambahan lagi:
CS Philips Indonesia telepon menawarkan penggantian dengan unit yang memiliki rentang tegangan lebih besar. Nah, saya pilih yang ini dulu (dengan semangat ngirit penggunaan listrik). Kalau sampai Senin depan belum datang ya terpaksa saya retur ke Carrefour.
Conclusion:
Beberapa hari kemudian lampu pengganti datang ke rumah. Beda spek, beda bentuk, walau tetap 9W 6500K.

4 thoughts on “Philips LED 220-240Vac”

  1. Dulu waktu saya beli harganya sepertinya sedang promo. Yang 9W harganya 104 ribu. Sekarang sepertinya sudah normal lagi sekitar 120 ribu kalau nggak salah. Di forum jual beli masih ada sih yang jual 104 ribu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top