Servis Honda Astrea Prima, Part 2

Setelah bulan lalu overhaul, hari Sabtu lalu saya memutuskan untuk memensiunkan shock absorber yang lama. Beberapa pilihan antara shock OEM Honda Legenda yang bentuknya mirip tapi tanpa pengubah ketinggian atau punya Honda Supra atau merek aftermarket lainnya seperti YSS Top Up atau YSS Hybrid. Saya memang cukup puas dengan YSS Hybrid di Beat, tapi untuk Prima kok harganya cukup bikin gigit jari. Well, setelah browsing-browsing akhirnya mampir ke bengkel motor di seputaran Sumur Bor dan menebus YSS Top Up ukuran 340 seharga Rp. 325.000. Kemahalan kah? Nggak kali ya, di beberapa bengkel online dijual seharga Rp. 310.000 sampai Rp. 350.000.
Pasang sendiri ternyata susah-susah gampang. Pertama, ring holder bagian atas mesti diganti dengan yang lebih tipis. Sudah disediakan oleh YSS sih, tapi melepas dan memasangnya benar-benar penuh perjuangan. Bagian kanan cukup sukses, tapi bagian kiri sampai dipasang pun rasanya masih kurang pas. Biar lah. Problem kedua muncul saat hendak memasang shock di baut kiri bawah. Plat dudukan baut shock terlalu tinggi sehingga mengganjal pantat bawah shock. Ada dua opsi: ganjal shock jadi kebih keluar atau gergaji platnya. Saya pilih yang kedua. Setelah 2 jam berkutat… tada…!!!:

Setelah beres, sekalian testing, langsung ke Planet Ban Daan Mogot untuk ganti ban. Pakai FDR Spartax 70/90 dan 80/90 (plus ganti ban dalam depan karena pentilnya berkarat). Pilihan ban segambreng dengan harga kompetitif (sepertinya turun 10% dari HET), pelayanan ramah dan informatif, pengerjaan profesional dan rapih. Top dah 4 jempol!

November 20th, 2012 by