DIY: Menutup Lubang Sirkulasi AC Honda BR-V

Why
Hampir semua BR-V owner mengeluhkan bau luar yang masuk kabin, walau tuas pemilih sirkulasi udara sudah pada posiai tertutup. Saya juga sudah cek posisi katup/ penutupnya sudah dalam posisi yang benar. Cuma bau masih masuk juga. Akhirnya saya putuskan untuk menutup secara permanen lubang di bagian ruang mesin.
How


Buka wiper pakai kunci sok nomor 12, lalu buka klip pengunci wiper tray (masing-masingbsatu di ujung kiri dan kanan). Setelah itu tarik wiper traynya yang hanya terpasang menggunakan klip plastik.

Berikut penampakan ruang mesin tanpa wiper tray. Lubang yang dimaksud berada pada bagian kiri mobil (yang saya terangi dengan senter). Pada gambar ketiga terlihat posisi katup tertutup, pada gambar keempat posisi katup terbuka. Well, sealnya hanya busa berwarna abu-abu itu. Kalau tidak sangat rapat, mana bisa busa menghalangi udara masuk. Lucunya, semua Honda menggunakan cara ini dan sepertinya hanya beberapa model yang mengalami kendala bau.

Saya gunakan plastik berukuran 9cm x 23cm yang sudah diberi double tape pada keempat sisinya, untuk digunakan menutup lubangnya secara permanen. Dengan cara ini diharapkan bau tidak akan masuk lagi, dengan konsekuensi fitur mengambil udara dari luar jadi hilang. Yah, buka jendela juga masih bisa lah…

March 3rd, 2016 by