Why
Hampir semua BR-V owner mengeluhkan bau luar yang masuk kabin, walau tuas pemilih sirkulasi udara sudah pada posiai tertutup. Saya juga sudah cek posisi katup/ penutupnya sudah dalam posisi yang benar. Cuma bau masih masuk juga. Akhirnya saya putuskan untuk menutup secara permanen lubang di bagian ruang mesin.
How


Buka wiper pakai kunci sok nomor 12, lalu buka klip pengunci wiper tray (masing-masingbsatu di ujung kiri dan kanan). Setelah itu tarik wiper traynya yang hanya terpasang menggunakan klip plastik.

Berikut penampakan ruang mesin tanpa wiper tray. Lubang yang dimaksud berada pada bagian kiri mobil (yang saya terangi dengan senter). Pada gambar ketiga terlihat posisi katup tertutup, pada gambar keempat posisi katup terbuka. Well, sealnya hanya busa berwarna abu-abu itu. Kalau tidak sangat rapat, mana bisa busa menghalangi udara masuk. Lucunya, semua Honda menggunakan cara ini dan sepertinya hanya beberapa model yang mengalami kendala bau.

Saya gunakan plastik berukuran 9cm x 23cm yang sudah diberi double tape pada keempat sisinya, untuk digunakan menutup lubangnya secara permanen. Dengan cara ini diharapkan bau tidak akan masuk lagi, dengan konsekuensi fitur mengambil udara dari luar jadi hilang. Yah, buka jendela juga masih bisa lah…

DIY: Menutup Lubang Sirkulasi AC Honda BR-V

9 thoughts on “DIY: Menutup Lubang Sirkulasi AC Honda BR-V

  • March 15, 2016 at 1:45 pm
    Permalink

    Gan,
    bagaimana hasilnya ? apakah bau sudah tidak masuk sempurna ?

    Reply
  • June 2, 2016 at 6:55 am
    Permalink

    Gmana pak Adhi, apakah setelah menutup lubang saluran udara brv masalah bau teratasi?

    Reply
  • June 2, 2016 at 9:08 am
    Permalink

    Pak Ibnu, saya nutup banyak lubang. Di saluran udara, di celah batang setir, nambah karet balon. Cukup signifikan sih. Akan lebih mantap lagi kalau filter AC pakai yang karbon.

    Reply
  • October 19, 2016 at 1:50 pm
    Permalink

    Makasih sarannya.. Ini mobil honda jazz sy beli tahun 2015 tiap kali servis selalu komplain bau asap knalpot tp ndak pernah benar2 hilang tuh bau. Filter ac jg sdh sy ganti sakura yg ktnya terbaru. Tp alhamdulillah begitu sy tutup lubang sirkulasi sdh benar2 hilang baunya. Btw buka wipernya ndak semudah seperti digambar… Mesti kebengkel ac.

    Reply
  • October 19, 2016 at 2:59 pm
    Permalink

    Om Faiz, yang di gambar itu Honda BR-V. Wiper traynya jelas beda dengan Jazz. Wiper tray BR-V cuman plastik doang dan di bawahnya bisa langsung akses ke lubang AC. Kalau di Jazz, selain buka wiper tray plastik, setelah itu harus buka wiper tray besi plus sekalian batang wipernya juga ikut diangkat. Buka wiper tray Jazz sih bisa di bengkel mana saja kok.

    Reply
  • July 3, 2017 at 10:04 pm
    Permalink

    Malam Pak Adhi, mohon infonya untuk menutup celah di batang steer menggunakan bahan apa pak?
    terima kasih sebelumnya

    Reply
    • July 12, 2017 at 6:09 pm
      Permalink

      Saya hanya pakai lakban Pak.

  • August 7, 2017 at 4:01 am
    Permalink

    Mohon pencerahan. Posisi wiper tray sebelah mana

    Reply
    • August 7, 2017 at 8:18 am
      Permalink

      Wiper tray = tatakan wiper yang warna hitam itu Om.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =