Ground Wire untuk Honda BR-V

Kondisi:

  • Kabel ground asli BR-V hanya ada 3: Dari negatif aki ke plat bodi bagian depan, dari plat bodi bagian depan ke blok mesin, dan dari plat bodi bagian kiri ke gearbox
  • Kabel ground asli BR-V pakai sekitar 6 AWG

Akibatnya:

  • Jalur negatif alternator ke negatif aki melalui blok mesin (yang panas) dan melalui plat bodi (terdiri dari beberapa lembar yang disambung oleh las). Hasil pengukuran resistansi antara bodi alternator dengan kepala aki: 0.5 ohm.
  • Jalur negatif busi ke negatif aki melalui blok mesin dan melalui plat bodi (yang panas) dan melalui plat bodi (terdiri dari beberapa lembar yang disambung oleh las). Hasil pengukuran resistansi antara blok mesin dekat lubang busi dengan kepala aki: 0.2 ohm.

Solusinya:

  • Tambah kabel ground

Hasil:

  • Pengukuran resistansi baik dari bodi alternator, blok mesin dekat busi, ke negatif aki jadi 0 ohm.

Foto-foto:

Negatif aki, plat bodi kiri pada dudukan ECM/PCM, gearbox.

Alternator, blok mesin bagian kanan, throttle body.

Kali ini saya tidak pasang sendiri, tapi minta tolong teman yang memang punya julukan dewa kabel dari media otomotif. Silakan yang tertarik: 0819 05686669.

4 thoughts on “Ground Wire untuk Honda BR-V”

    1. Adhi Widjajanto

      Om Angga, pengukuran saya dilakukan saat mesin dingin. Saat mesin panas resistansi pasti naik. Idealnya resistansi = 0 ohm. Signifikan atau tidaknya sih tergantung dari parameter yang digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top