Blokir IMEI dan PSBB

Semoga pada masih ingat, pemerintah dulu berencana melakukan pemblokiran pada gadget illegal, a.k.a BM. Jadi gadget yang tak terdaftar di KemenPerin ga akan bisa nyambung ke operator di Indonesia. Deadline: 18 April 2020. Hmm… Rasanya bakal banyak banget yang akan terblokir. Muncul istilah GaRes (garansi resmi), GaDis (garansi distributor), dan singkatan-singkatan lainnya di forum maya dan olshop karena versi BM sudah banyak beredar di Indonesia. Biasanya karena harganya lebih murah, dan kebiasaan untuk berganti gadget sebelum garansi habis.

KemenPerin menyediakan portal untuk cek IMEI, karena semua gadget yang terdaftar di KemenPerin pasti tercatat IMEInya. So, gimana dengan punya saya? Redmi Note 8 Pro, GaDis:

imei.kemenperin.go.id, cek tanggal 7 Mei 2020

Nah, saat ini pun hape saya masih bisa terhubung dan berfungsi penuh menggunakan fasilitas operator. Jadi ternyata pemerintah mengeluarkan kebijakan baru, bisa dibaca di portal KomInfo. Intinya saya kutip di sini:

Perangkat yang sudah aktif sebelum masa berlaku 18 April 2020 akan tetap dapat tersambung ke jaringan bergerak seluler sampai perangkat tersebut tidak ingin digunakan lagi atau telah rusak.

Siaran Pers No. 58/HM/KOMINFO/04/2020, point 4

Ah, ini dia alasannya. So hape saya masih berfungsi penuh. So, kenapa pemerintah jadi melonggarkan kebijakannya? Ternyata covid-19 memberi dampak juga:

Pengguna HKT yang saat ini sedang aktif digunakan tidak perlu melakukan registrasi individual. Setiap pengguna HKT dapat tetap mengikuti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau menjalankan physical distancing tanpa perlu khawatir atas pemberlakuan pembatasan IMEI. 

Siaran Pers No. 58/HM/KOMINFO/04/2020, point 2

Dan ternyata saya pun sudah dikirim SMS dari KomInfo:

Okeh… Jadi yang beli dan mengaktifkan gadget sebelum 18 April 2020 bakal aman, gadget akan bisa berfungsi penuh. Setelah 18 April 2020, harap saat beli gadget pastikan IMEI sudah terdaftar di KemenPerin, atau gadget terbukti bisa beroperasi dengan kartu SIM operator. Gimana kalau beli di olshop? Ya pastikan kalau itu GaRes, atau atur perjanjian dengan sellernya untuk bisa retur kalau ga bisa sambung ke operator. Okeh? Gimana dengan anda, punya gadget yang terblokir kah?

May 7th, 2020 by