Google Play Services: Driving Mode

Beberapa hari lalu saya update firmware Android, dan mendadak terlewatkan beberapa panggilan telepon saat berkendara. Usut punya usut ternyata saat kita sedang bergerak secara otomatis mode Do Not Disturb menyala. Jadi teringat setelah update fw ada konfirmasi Google Play Services meminta permission baru, lupa apa… asal klik OK (bad example).

Setelah baca sana sini, ternyata Google sudah meluncurkan intelligent mode untuk mendeteksi apakah pengguna Android sedang berkendara atau tidak. Deteksinya menggunakan beberapa sensor seperti apakah sedang bergerak, terdengar suara mesin, dan apakah Bluetooth dan WiFi terhubung ke perangkat tertentu. Hmm, interesting. Jadi kepikiran seberapa banyak data kita yang dikumpulkan dan diolah sama Google…

Di luar itu, bagi sebagian besar orang, Do Not Disturb While Driving akan mengganggu aktifitas harian (saya juga sih) walau sebenarnya fitur ini jelas membuat umur kita lebih panjang, bener ga? Cuman fitur ini masih belum bisa membedakan antara supir dan penumpang, Yanty sudah komplain tiap masuk mobil… Semalaman mencari cara untuk me-nonaktifkan fitur ini, akhirnya ketemu.

Mungkin beda-beda di tiap ponsel Android, buat di Huawei Nova 2i saya, cukup buka Settings, lalu search Do Not Disturb Access, dan matikan permission dari Google Play Services. Semoga tulisan ini membantu.

Fungsi dan Cara Pasang Center Ring untuk Velg Aftermarket di Honda BR-V

Pada tengah roda terdapat tonjolan berbentuk lingkaran yang ikut menjaga agar velg terpasang tepat di tengah. Kendala muncul saat menggunakan velg aftermarket yang rata-rata memiliki lubang lebih besar. So, di sini fungsi pemasangan center ring, tetap menjaga velg terpasang tepat di tengah, untuk menjaga kestabilan kendaraan saat roda berputar.

Ukuran center ring untuk tiap kendaraan berbeda-beda, begitu pula untuk berbagai tipe velg aftermarket, walau pada umumnya memiliki diameter sekitar 73.1mm. Untuk honda BR-V, ukuran center ring yang diperlukan adalah ukuran 64mm.

Cara pasangnya cukup mudah…

(more…)

Dashcam/ Car DVR/ Dash Camera di Honda BR-V

Setelah bertahun-tahun pakai Tech Care DS8000, akhirnya saya ganti dashcam pakai Yi Smart Dashcam, beli dari Aliexpress ada opsi tambah suction cup holder, karena bawaan Yi pakai perekat double tape. Saya beli sekaligus 2 set untuk dipasang depan dan belakang. Karena Yi support kompresi h264 resolusi saya bikin fullHD 30fps dengan MicroSD 16GB saja. Fitur ADAS saya matikan karena dari percobaan beberapa hari malah mengganggu. Mungkin karena saya lewat jalur padat terus.

Saya pasang di sini:

Hasilnya…

(more…)

Honda BR-V Bumper Removal

Banyak yang bertanya cara buka bumper Honda BR-V. Memang rada tricky karena BR-V pakai over fender. Saat ini saya hanya menjelaskan dengan tulisan, next akan saya lengkapi dengan gambar.

  1. Buka plat nomor, buka 2 baut di belakang plat nomor.
  2. Buka semua klip cover atas grill, lepas cover atas grill.
  3. Buka 3 klip yang berada di dalam fender, di atas roda, 3 paling depan aja ga perlu semua. Lakukan untuk kedua sisi kanan dan kiri.
  4. Tarik overfender bagian depan sampai atas saja, mulai dari bagian depan bawah lalu naik ke atas. Ada sekitar 3-4 klip. Buka sampai terlihat baut yang menahan bumper. Hati-hati klip ini gampang patah. Lakukan untuk kedua sisi kanan dan kiri.
  5. Buka baut yang tadinya tertutup oleh overfender. Lakukan untuk kedua sisi kanan dan kiri.
  6. Buka semua klip yang ada di bawah bumper, kira-kira ada 9 klip.
  7. Buka 2 baut yang menahan bumper bagian bawah, ada satu di kanan dan kiri.
  8. Dari ujung samping bumper, tarik. Ada 3 klip di ujung bumper persis di bawah headlamp. Hati-hati, bumper akan lepas sepenuhnya.

Bingung? Ke tempat saya saja, nanti saya bukain… Hehehe…

Workaround for Wifi Card Intel Dual Band Wireless AC with Router b/g/n

It’s very annoying for years, having notebooks (yes, two!) with Intel Dual Band AC while your router still in b/g/n technology. The connection is almost unusable since it will almost drop all the time and sudden disconnect. Surf around dozens of sites and suggestions, nothing works. Buying dual band wireless AC router is not an option, still expensive for my tight wallet, but it really will solve the problem since my office use it.

Till yesterday I found something interesting, worth to try. I downgrade the router’s speed to b/g only and yes! The AC Wi-Fi works flawlessly. Don’t know why, but it really works.

For your reference, my two notebooks are Acer Aspire V3-371 and Lenovo Yoga 720-13IKB while the home router is Dlink DIR 612 and office routers are Aruba AP-205.