DIY: Cruise Control on Honda BR-V, Interfacing to OEM Cruise Button

Setelah yakin 3DA dan THA-SA berfungsi normal, langkah selanjutnya adalah menyambung tombol cruise di setir, yang sudah saya persiapkan dua tahun yang lalu.

FYI, tombol cruise yang berjumlah 4 tombol dengan 5 kabel sudah saya ubah menjadi tombol multi resistance dan disambung ke head unit sebagai kontrol tambahan dengan hanya 2 kabel. Why? Karena clockspring/ cable reel Honda BR-V hanya punya jalur terbatas.

Karena sudah menggunakan hanya 2 kabel, saya harus membuat interface untuk membaca perbedaan resistansi ke-4 tombol tersebut diubah menjadi 4 kabel sinyal yang akan mensimulasikan tombol di 3DA. Saya pakai Arduino dan relay shield 4 channel.

Setelah interfacenya jadi, saya mem-paralel tombol di 3DA agar dapat disambung ke interface.

Next, rapihkan semuanya dan pasang lagi di mobil untuk dites.

22 thoughts on “DIY: Cruise Control on Honda BR-V, Interfacing to OEM Cruise Button”

  1. Mas boleh minta no wa nya kah.
    Mo Tanya klo setting cruise sambil jalan mobilnya atau cukup berhenti ya? Terima kasih

  2. Kalau mau minta tolong dipasangkan difreed automatic bisa bos? Saya sudah ada pivot 3drive alpha, th7a,br2 dan setir freed hybrid , semua sudah konek tinggal cruisenya aja yg blm aktif disteer freed hybrid. Perlengkapan kurang apa lg ya bos? Atau ada no wa yg bisa dihubungi untuk jasanya

    1. Dulu waktu pasang di Mobilio gagal kalau sambung langsung dari Alpha. Jadinya impor lagi pulse adaptornya. Waktu pasang di BR-V sih ga coba-coba lagi, langsung pasang lewat pulse adaptor. Nah di Brio gatau deh Om. Mayan juga soalnya harga speed pulse adaptornya.

  3. Om Adhi.. Bisa share bagaimana wiring dan peralatannya untuk membuat interface ini? Nanti mau coba saya terapkan di brio. Terima kasih

    1. Adhi Widjajanto

      Simpelnya sih saya bikin interface serial ke paralel menggunakan Arduino. Tombol cruise asli dimodif jadi serial dulu karena alasan cable spring punya jalur terbatas (di BR-V hanya 12 kabel dan sudah dipakai untuk SRS, klakson, audio, dan lampu setir). Dari tombol cruise yang sudah dimodif, masuk ke interface. Output interface berupa keluaran paralel saya solder langsung ke tombol-tombol kontrol 3DA.

      1. Terima kasih responnya, cara kerja masih bia diikuti hanya saja teknis masih coba mencerna modif tombol cruise jadi serial itu gmn prosesnya, maklum newbie. Yg bisa dikenali saat ini memang ada 2 kabel output yg berhubungan dengan 4 tombol, masing-masing punya resistansi yg berbeda. Bayangan saya 1 kabel ini masuk ke input arduino sebagai A6 dan satu lg ntah kmn disambunginnya gak ngerti. Dari sana dibuat program dengan output signal akan melalui masing2 relay melalui port nc.

  4. Terima kasih responnya, cara kerja masih bisa diikuti hanya saja secara teknis masih coba mencerna modif tombol cruise jadi serial itu gmn prosesnya, maklum newbie. Yg bisa dikenali saat ini memang ada 2 kabel output yg berhubungan dengan 4 tombol, masing-masing punya resistansi yg berbeda. Bayangan saya 1 kabel ini masuk ke input arduino sebagai A6 dan satu lg ntah kmn disambunginnya gak ngerti. Dari sana dibuat program dengan output signal akan melalui masing2 relay melalui port nc.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.