DIY: Honda Jazz Splash Guard Repair

Ugh… setelah bercak-bercak di beberapa bodi, sekarang ini. Honda Autoland kayaknya QC-nya nggak detil-detil amat. Tiga minggu lalu saya melakukan perbaikan bumper depan, belakang, pintu kiri depan, dan triplang kiri di bawah pintu depan. Klaim asuransi sih, cuman kan bengkelnya sendiri dibayar full sama asuransinya. Selain kerjaannya ga gitu rapi (di beberapa tempat pengecatan seperti ada debu yang tertimpa cat, jadi nongol gitu), bercak-bercak sisa cat tersebar dimana-mana. Bisa dihilangkan sih pakai wax, cuman kan jadi ngerepotin.
Eh, yang ini kejadian parah lagi. Hari Rabu dan Kamis saat melaju di tol Dalam Kota, ada bunyi berkibar di bagian depan. Baru sempet ngolong hari Jumat pas libur Waisak, dan… gubrak! Splash guard bagian kanan depan sobek! Cantolan yang harusnya dikancing ke bemper depan lepas gitu aja. Walhasil saat saya melaju kencang, angin mendorong splash guard ke aspal, habislah karetnya! Ada sekitar 15 x 30 senti yang hilang tak berbekas. Saya periksa seluruh bemper, ternyata kancing tak terpasang 6 buah dan ada satu sekrup yang lenyap juga. Padahal sekrup ini pegangan utama bemper dan splash guard! Bener-bener ngaco nih Autoland!
Re-claim? Sudah kebanyang perjalanan ke Kelapa Gading, ajuin klaim, periksa, debat sama SA… capek lah. Mendingan waktunya saya pakai untuk betulis sendiri. Copot splashguardnya, beli kancingnya ke toko sparepart di depan kompleks (sebiji kena 8.000!!! Saya cuman beli 5 karena nggak bawa uang banyak), lalu saya rapikan splash guard yang sobek & ditambal dengan plastik fiber sisa tutup pagar. Semoga tahan dengan panasnya mesin.
MOS: Jangan 100% percaya sama QC bengkel. Lain kali cek sendiri sampai puas sebelum keluar bengkel.

1. Satu dari 6 kancing yang tak terpasang. Yang ini saya ambilkan dulu dari bagian bemper atas karena kualitasnya lebih bagus dari yang saya beli.
2. Tempat sekrup yang hilang. Sangat disayangkan. Kalau bagian ini terpasang, mungkin splash guard saya masih bertahan meski kancingnya tak ada.
3. Plastik fiber yang saya jahitkan. Pakai kawat untuk menjahit lalu disemprot anti karat.
4. Splash guard yang asli, well, left of it

2 thoughts on “DIY: Honda Jazz Splash Guard Repair”

  1. Om..
    Untuk masalah ini kayaknya memang salah satu “bug” yang sering muncul di ge8. sering ane liat tuh di ge8 yang lewat.
    Nah, sialnya istri ane sendiri ngalamin pas di tol, langsung deh karena deket dengan pintu keluar langsung ke bengkel ban, dikira ban kenapa napa..lha tyt ya splash guard ini biang keroknya…
    hipotesanya karena splash ini attached di bumper depan jadi sekalinya gesrot tuh baut2 attachment pada lari.

  2. Bagian depan splashguard memang terpasang di bagian bawah bumper depan. Jika bumper terbentur sesuatu memang ada kemungkinan splashguard akan lepas. Tapi bisa diminimalisir dengan penggunaan klip yang tepat, yaitu klip dengan pengunci besi. Bisa didapatkan di bengkel resmi, kalau tidak salah 19rb per piece. Mahal kalau dibandingkan dengan klip dengan pengunci plastik yang bisa didapat antara 2rb sampai 6rb saja. Cuma klip dengan pengunci besi memang jauh lebih kuat. Standard pabrik GE8 memang pakai klip yang tipe itu untuk bumper.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top