DIY: Honda Jazz Splash Guard Repair

Ugh… setelah bercak-bercak di beberapa bodi, sekarang ini. Honda Autoland kayaknya QC-nya nggak detil-detil amat. Tiga minggu lalu saya melakukan perbaikan bumper depan, belakang, pintu kiri depan, dan triplang kiri di bawah pintu depan. Klaim asuransi sih, cuman kan bengkelnya sendiri dibayar full sama asuransinya. Selain kerjaannya ga gitu rapi (di beberapa tempat pengecatan seperti ada debu yang tertimpa cat, jadi nongol gitu), bercak-bercak sisa cat tersebar dimana-mana. Bisa dihilangkan sih pakai wax, cuman kan jadi ngerepotin.
Eh, yang ini kejadian parah lagi. Hari Rabu dan Kamis saat melaju di tol Dalam Kota, ada bunyi berkibar di bagian depan. Baru sempet ngolong hari Jumat pas libur Waisak, dan… gubrak! Splash guard bagian kanan depan sobek! Cantolan yang harusnya dikancing ke bemper depan lepas gitu aja. Walhasil saat saya melaju kencang, angin mendorong splash guard ke aspal, habislah karetnya! Ada sekitar 15 x 30 senti yang hilang tak berbekas. Saya periksa seluruh bemper, ternyata kancing tak terpasang 6 buah dan ada satu sekrup yang lenyap juga. Padahal sekrup ini pegangan utama bemper dan splash guard! Bener-bener ngaco nih Autoland!
Re-claim? Sudah kebanyang perjalanan ke Kelapa Gading, ajuin klaim, periksa, debat sama SA… capek lah. Mendingan waktunya saya pakai untuk betulis sendiri. Copot splashguardnya, beli kancingnya ke toko sparepart di depan kompleks (sebiji kena 8.000!!! Saya cuman beli 5 karena nggak bawa uang banyak), lalu saya rapikan splash guard yang sobek & ditambal dengan plastik fiber sisa tutup pagar. Semoga tahan dengan panasnya mesin.
MOS: Jangan 100% percaya sama QC bengkel. Lain kali cek sendiri sampai puas sebelum keluar bengkel.

1. Satu dari 6 kancing yang tak terpasang. Yang ini saya ambilkan dulu dari bagian bemper atas karena kualitasnya lebih bagus dari yang saya beli.
2. Tempat sekrup yang hilang. Sangat disayangkan. Kalau bagian ini terpasang, mungkin splash guard saya masih bertahan meski kancingnya tak ada.
3. Plastik fiber yang saya jahitkan. Pakai kawat untuk menjahit lalu disemprot anti karat.
4. Splash guard yang asli, well, left of it

May 31st, 2010 by