Punya Kamera Buat Apa?

Barusan dapat link INI, dan tahu sumbernya dari SINI. Setelah baca, saya jadi mikir juga, saya punya kamera buat apa ya?
Sejak SMP saya berkutat dengan Canonet QL17 G-III (Googling aja deh), menghabiskan ratusan rol film. Buat apa? Buat motret puluhan acara di sekolah. Karena biaya beli film dan cetaknya dibayarin sama sekolah, ya hayuh aja deh. Entah awalnya dulu gimana, saya bisa kebagian di seksi dokumentasi. Canonet G-III itu benar-benar manual. Jadul abis deh, tapi saya belajar banyak dari situ. Sementara bokap sudah beli kamera elektronik (tetep film sih), jadi saya lebih leluasa main-main dengan kamera ini. Oh ya, baterai ga pernah diisi, jadi metering sensornya mati… 😀 Oh ya, kebayang nggak, saya pakai kamera yang sama sampai lahiran anak saya yang pertama! puluhan tahun kemudian. Hebat dah tuh kamera. Sekarangpun kalo diisi film masih bisa dipakai juga. Hem… ada di lemari… coba nanti malam saya lihat kondisinya.
Well, balik ke topik. Setelah dirasa beli film dan cetak mahal, akhirnya beli poket, (lagi-lagi) Canon PowerShot A80. Buat apa? Motret anak lah! Namanya juga bapak baru. Hehehe… Tapi akhirnya kegunaan kamera beralih buat blogging. Kemana-mana saya bawa. Efektif dah. Apalagi fiturnya tidak meninggalkan akar saya yang mulai dari manual. A80 punya menu M yang memuaskan kreativitas saya. Dipakai sampai hancur sensornya… sedih…
Diganti sama Canon EOS 350D. Lho? Sok-sok’an upgrade? Bukan! Karena selama pakai A80 saya juga “ngicipi” prosumer punya bokap macam Canon PowerShot G3 dan PowerShot Pro-1. Namanya juga ngicipi, trus berasa, “lha kok enak ya?” Hehehehe… Cuman drawbacknya di sisi ukuran & berat. Beberapa bulan pertama saya masih bawa tuh EOS kemana2. Akhirnya menyerah. Photo blogging turun drastis. EOS dipakai hanya kalo ada acara doang, atau kalo lagi mo narsis dengan papercraft.
Trus? Pilihan jatuh ke kamera henpon. Hehehe… downgrade? Terserah situ mo ngomong apa. Yang penting, kebutuhan buat photo blogging tercapai lagi.
So, anda punya kamera buat apa?

June 30th, 2010 by