DIY: Dealing With Car’s Water Spots

Seumur-umur ngerawat mobil baru kali ini kena water spots, sekujur bodi & kaca lagi. Minggu lalu di Salatiga cuci mobil, jam 7 pagi padahal, bukannya mobil jadi kinclong, malah bercak-bercak water spots dimana-mana. Parah dah. Mana nggak bawa perlengkapan detailing lagi. Akhirnya baru diberesin pas dah sampe di Jakarta lagi.
Yang saya bersihkan pertama adalah kaca. Setelah diguyur air, Glass Scrub saya tuangkan di atas spons cuci piring (pakai yang sisi halusnya), lalu digosokkan kuat-kuat ke kaca dengan gerakan atas bawah, kiri kanan, dan melingkar. Diulang terus sampai berasa cukup, lalu guyur air lagi sampai residu Glass Scrub terbilas bersih. Kaca langsung dikeringkan dan diamati. Kalau masih ada water spots, ulangi dari awal. Ada beberapa bagian kaca yang cukup satu kali, tapi ada juga yang perlu sampai 3 kali! Oh ya, walaupun tidak dianjurkan, saya juga memoles kaca spion. Selesai kaca, istirahat dulu.
Kaca selesai, saya lalu mencuci seluruh badan mobil, secepatnya. Lalu saya ambil Turtle Wax Carnauba Cleaner Wax. Oh… ternyata wax yang satu ini bisa “cut” light swirl marks & oxidations! Semoga water spots bisa hilang juga. Padahal sudah siap juga dengan Turtle Wax Premium Polishing Compound. Cleaner wax ditotol pakai applicator pad dan digosok memutar di bodi mobil. Setelah rata, saya gosok lagi dengan microfiber towel sampai water spots nya tak terlihat. Saya mengerjakannya per panel. Kalau ada bagian yang membandel, saya ulang lagi. Tapi dari pengamatan, sekali saja pakai cleaner wax cukup ampuh. Bernafas lega deh.
Tips:

  • Disarankan pakai sarung tangan karet saat mengaplikasikan Glass Scrub. Bahannya tidak bersahabat dengan kulit.
  • Setelah menggunakan Glass Scrub, sebaiknya lapisi kaca dengan Rain Clear.
September 5th, 2011 by