DIY: Ganti Kanvas Rem Belakang Honda Beat

Sudah 20 ribu kilometer, nggak berasa lama padahal sudah dua tahun lebih (dari Januari 2011) naik motor lagi buat ngantor. Servis terakhir harusnya bersihkan kerak juga di ruang bakar, tapi dengan semprot carbon cleaner pun tarikan mesin sudah berasa jauh lebih enteng. Rem belakang yang sudah sering lengket pun mesti diganti. Problem di bengkel langganan itu antrinya yang sering bikin manyun. Akhirnya saya putuskan untuk menggantinya sendiri.

  • Tools: kunci sok nomor 24 untuk membuka baut roda belakang, kunci sok nomor 14 dan 10 untuk membuka knalpot.
  • Bahan: kanvas rem AHM (59 ribu) dan sedikit pelumas gel.

Pertama kita harus membuka knalpot. Baut nomor 10 dilepas dari bagian bawah mesin, lalu dilanjutkan dengan baut nomor 14 di samping kanan. Setelah knalpot lepas, kencangkan baut rem belakang sampai mentok, lalu tekan tuas rem di stang dan pasang penahannya. Hal ini bertujuan untuk menahan roda belakang agar tidak berputar. Dengan kunci sok nomor 24 lepas baut roda belakang. Kendorkan rem belakang dan tarik roda ke arah kanan, dan lepas kanvas rem lama. Pasang kanvas rem baru, beri sedikit pelumas di bagian kepala pelatuk rem (nggak tahu nama sebenarnya). Bersihkan rumah rem di sisi dalam velg dengan amplas halus dan cuci dengan air bersih, keringkan. Pasang lagi semuanya dan terakhir melakukan penyetelan kekencangan rem. Ingat, peruksa lagi kekencangan rem setelah motor digunakan beberapa saat karena kanvas rem yang baru perlu penyesuaian dengan rumah remnya.
Omong-omong kanvas rem yang lama kalau dibandingkan dengan kanvas yang baru bedanya hanya sekitar 1 mm, itupun tak merata di semua permukaan. Ragu apakah memang harus diganti atau tidak. Yang jelas setelan rem jadi lebih sempit dan tidak mengunci lagi.

March 4th, 2013 by