DIY: Reparasi Kabel Set HID

Tadi malam baru sadar kalau hi-beam Vario saya bermasalah. Waktu sakelar hi-beam diaktifkan, bulb halogen saya tetap hi, solenoid projector tetap menarik shield, tapi ballast mati. Waktu diukur dengan multimeter di kaki 85 dan 86 relay, tegangan drop saat hi-beam. Diodanya bermasalah? Terpaksa mesti bongkar.
Whoa…! ternyata diodanya cuma satu di kabel hi!

Kalau saya gambarkan skemanya jadi begini:



Saat sakelar pada posisi lo beam, arus mengalir dengan normal baik ke filamen lo dan relay. Tak ada arus yang mengarah ke filamen hi. Saat sakelar pada posisi hi beam, arus mengalir ke filamen hi, tapi mengalir juga ke filamen lo melalui kabel yang menghubungkan jalur lo dengan kaki 85 relay! Akibatnya kedua filamen menyala (2 x 25watt!), dan filamen lo pada posisi paralel dengan dioda. Hasilnya tegangan ke kaki 85 relay langsung drop.
Merujuk Thread Retrofit FR2 di Kaskus, saya menambahkan dioda pada kabel lo agar saat sakelar pada posisi hi-beam tidak ada arus yang mengalir pada filamen lo.

Saya juga menambahkan kapasitor pada kaki 85 dan 86 relay untuk memberikan arus sementara saat transisi sakelar dari posisi lo-beam ke hi-beam, vice versa. 3300mF/50v hanya memberikan delay sekitar 1 detik! Cepat juga yah kosongnya. Atau karena pakai kapasitor bekas praktikum Elka puluhan tahun yang lalu? Hehehe…

Rangkaian lengkapnya seperti ini:

Nice… sekarang hi-beam jadi mantap!

August 11th, 2013 by