DIY: Lampu Kolong Kabin untuk GD3

Melanjutkan posting saya tentang DIY yang sama, hari Minggu lalu saya dapat kerjaan memasang di GD3 milik Oom yang satu ini. Unik dan asik karena seumur-umur belum pernah pegang GD3. Seperti biasa, pamer hasilnya dulu…

Langkah pertama mengukur panjang kabel yang diperlukan. Dari jok belakang ke bawah dashboard perlu 1,5m. Lalu dari dashboard kiri ke dashboard kanan perlu 1m. Saat membongkar jok depan, saya merasa dejavu… hahaha…!!! Doortrim, seat bolt cover, bahkan sampai lubang di bawah jok untuk memasukkan kabel pun sama persis dengan GE8! yang membuat surprise paling fuseboxnya yang imut. Plus satu lagi kenyataan bahwa lampu kabin GD3 menyala saat door open/close, bukan saat door lock/unlock seperti GE8. So, atas persetujuan ownernya saya bisa mengambil sinyal dari harness lampu kabin. Berikut rangkaiannya:



Dioda pada wire tap kabel negatif tetap diperlukan sebagai proteksi agar tidak mengganggu state lampu kabin aslinya. Oh ya, dapat pengalaman baru juga untuk pemilihan dioda. LED strip yang saya pakai menggunakan arus 20mA untuk setiap setnya sehingga dioda harus dapat menahan arus minimal 16 x 20mA = 0.32A.
Lama pengerjaan sekitar 3 jam dari mengukur kebutuhan kabel, menyolder LED, bongkar pasang jok depan (untuk meyakinkan agar gerak jok tidak memutuskan kabel), pasang LED, dan pasang switch untuk override on.
Ada yang mau? Silakan kontak saya yah… 😀

August 27th, 2013 by