DIY: Honeycomb Mesh @ Honda Mobilio (DD4)

DD4 nya bukan punya saya, tapi syukurlah yang punya memberikan saya keleluasaan untuk mencobanya, bahkan sedikit “ngoprek”… ehehehe…
Honda Mobilio punya lubang cukup besar di bumper bagian bawah sehingga batu atau benda berbahaya lainnya bisa terlempar ke dalam dan mengenai kisi-kisi radiator AC. Memasang kawat di lubang itu cukup untuk menahan sedikit gempuran benda yang besar tanpa mengurangi volume udara yang masuk. Tentu untuk memasang kawatnya perlu membuka bumpernya dulu…


Cara membuka bumper Honda Mobilio:

  1. Buka 4 klip plastik di atas bumper. Buka yang dekat dengan blok mesin, bukan yang dekat dengan grill. Bukanya cukup dengan obeng gepeng kecil karena klip Mobilio semuanya dari plastik, tidak ada harness dari besinya.
  2. Buka 8 klip plastik di bagian bawah bumper.
  3. Buka 2 baut di bagian bawah bumper menggunakan obeng plus, satu di kanan dan satu di kiri.
  4. Buka 4 baut di bagian bumper yang menempel ke fender menggunakan obeng plus, dua di kanan dan dua di kiri.
  5. Buka plat nomor menggunakan kunci sok nomor 10, lalu buka baut menggunakan kunci heksa.
  6. Tarik perlahan bagian sisi kiri dan kanan bumper, mulai dari sisi yang terdekat dengan fender, sampai terlihat klip penguncinya. Dengan bantuan obeng minus kecil dorong klipnya sehingga pengaitnya bisa terlepas tanpa patah. Kalau tidak salah ada 5 kait di masing-masing sisi. Kebanyakan mekanik sering menarik paksa bagian ini sehingga beberapa pengaitnya patah.
  7. Tarik bumper ke depan.

Setelah bumper terlepas, mesh diukur dan dipotong sesuai kebutuhan. Bagian atas mesh ditekuk agar bisa “bertengger” di bumper. Mesh dipasang menggunakan cable ties.

Hasilnya: feels OEM… hehehe…

April 10th, 2014 by