DIY: Motorized Headlamp Leveling

Hasilnya nih, biar ngiler dulu:



Sebenarnya ini adalah proyek upgrade headlamp, dari MH1 ke FX-R, dari CNLight ke Osram SVS. Ballast masih pakai yang lama, Hylux 50W.
Bahan:
Projector FX-R 3″
Bulb Osram SVS
Ballast Hylux 50W
Double AE kuning & merah, + inverter AE
Shroud Apollo + AE holder
Kabelset + Adapter D2S-AMP
Leveling motor Grand Vitara
Rotary switch + resistors + sockets
HowTo:


Rangkaian:

Karena motor Grand Vitara (GV) aslinya diatur secara otomatis, maka saya perlu mencari sendiri besaran resistor yang digunakan untuk menggerakkan motor. Cara kerja motornya cukup sederhana. Dengan membandingkan tegangan sinyal dengan tegangan di dalam rangkaian motor, motor akan berputar sampai tuas potensiometer geser di dalam rangkaian motor menghasilkan tegangan yang sama dengan tegangan sinyal. Jadi dengan mengubah-ubah tegangan sinyal menggunakan voltage divider (pakai resistor) maka kita dapat mengatur posisi motor. Resistor yang saya temukan untuk motor ini: 4k7, 11k2, 12k4, 18k2, 32k, 47k, 100k, 330k. Itupun belum presisi. Untuk menyederhanakan rangkaian beberapa resistor saya ganti (jadi 4k7, 10k, 10k, 20k, 33k, 47k, 100k, 330k).
Pembuatan tombol:


Menggunakan rotary switch 12 posisi, ditanam pada panel tombol asli Honda Jazz. Saya sangat beruntung karena posisinya pas sekali.
Pemasangan motor:

Baut adjuster:

Karena baut adjuster motor lebih pendek dari baut asli, maka dudukan mur pada reflektor saya ganjal.

June 3rd, 2014 by