Umur Pakai Lampu LED Philips


Persis 2 tahun sejak saya pasang, lampu ini mulai ngadat. Byar pet intermittent walau kadang bisa nyala terus. Padahal saya berharap lifetimenya lebih dari 2 tahun, as advertised.
Mari kita hitung. Di boxnya tertulis “Lasts up to 15 years” plus tanda bintang yang berarti ada kondisinya: 2,7 jam per hari. Kalau kita totalkan berarti 15 tahun * 365 hari * 2,7 jam = 14.782,5 jam! Saya pakai di dapur yang menyala dari jam 5 pagi sampai 7 pagi. Lalu jam 4 sore nyala lagi sampai jam 9 malam. Total 7 jam per hari. Kalau dua tahun sudah byar pet berarti saya hanya pakai selama 2 tahun * 365 hari * 7 jam = 5110 jam! Jadi belum ada separuhnya dari yang diiklankan.
Yah, saya sih berharap ini hanya ‘cacat produk’, bukan lifetime keseluruhan produk karena di rumah saya semua lampu menggunakan LED Philips dan waktu pemasangannya hampir berbarengan. Well… sudah disebut di boxnya sih, iklan umur lampu yang tertulis di box tidak mewakili “limited warranty” dari bulb itu sendiri. Euh… garansinya berapa lama sih?

1 thought on “Umur Pakai Lampu LED Philips”

  1. Sama om kayak punya saya. Tiba mati pet trus tiba2 nyala Ternyata bener kata temen yg punya toko lampu. Ktnya pas tegangan pln nya turun (cahaya lampu non led agak redup) si led philips tsb mati om.. Tp pas teg pln normal baru nyala lagi.. Kok engineernya gk perhitungan error di teg input yah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top