DIY: Steering Audio Button For Honda Mobilio

Fact #1:
Yang bisa pasang hanya Mobilio tipe E. Tipe S tidak bisa karena tidak ada faceplate di setir. Tipe RS juga tidak bisa karena sudah built in dari HPM… 😀 Emang mau pasang dua? Hehehe…
Fact #2:
Clockspring/ cable reel harus dimodifikasi untuk mengakomodir kabel tombol audio. Ga mau modif clockspring? Silakan beli clockspring Mobilio RS/ Honda Jazz RS.
Fact #3:
Tombol audio untuk Mobilio beli di BeRes, ga ada lampunya (walau pin lengkap). Sudah cek di boardnya, ada jalur LED (blom cek apakah nyambung ke pin/ tidak), ada petunjuk lokasi LED, cuman LEDnya sendiri ga ada. Mungkin bisa ditambahkan sendiri. Saya belum berani nyolder SMD 3528… 😀 Too small! Kalau mau gampang, bisa beli tombol audio punya CR-Z yang sudah ada lampunya.
Fact #4:
Hanya beberapa head unit yang punya fitur “remote steering learn” seperti Kenwood DDX series (dan mungkin tipe lainnya). Selain itu mesti pakai interface module untuk translate sinyal dari tombol setir agar dapat dibaca oleh head unit.
Fact #5:
Beli perlengkapannya di BeRes, yaitu tombol setir, kabel tombol setir ke clockspring, dan faceplate. Faceplate kalau ga mau beli juga bisa tapi harus bobok faceplate asli. Saya sepertinya sukses bobok faceplate asli, bisa dilihat di gambar berikut (kanan), komparasi dengan faceplate khusus untuk tombol (kiri):

Prosesnya:



* Modif kabel tombol
* Modif clockspring
* Bobok faceplate
* Siapkan kabel ke head unit
* Pasang tombol di faceplate

Dilem pakai epoxy, karena dudukan baut tidak tersedia.
Nah, tombol siap dipasang… 😀
Pemasangan:

Thanks to Om Hendri yang sudah memfasilitasi DIY ini…

February 4th, 2015 by