DIY: Steering Audio Button For Honda Mobilio

Fact #1:
Yang bisa pasang hanya Mobilio tipe E. Tipe S tidak bisa karena tidak ada faceplate di setir. Tipe RS juga tidak bisa karena sudah built in dari HPM… 😀 Emang mau pasang dua? Hehehe…
Fact #2:
Clockspring/ cable reel harus dimodifikasi untuk mengakomodir kabel tombol audio. Ga mau modif clockspring? Silakan beli clockspring Mobilio RS/ Honda Jazz RS.
Fact #3:
Tombol audio untuk Mobilio beli di BeRes, ga ada lampunya (walau pin lengkap). Sudah cek di boardnya, ada jalur LED (blom cek apakah nyambung ke pin/ tidak), ada petunjuk lokasi LED, cuman LEDnya sendiri ga ada. Mungkin bisa ditambahkan sendiri. Saya belum berani nyolder SMD 3528… 😀 Too small! Kalau mau gampang, bisa beli tombol audio punya CR-Z yang sudah ada lampunya.
Fact #4:
Hanya beberapa head unit yang punya fitur “remote steering learn” seperti Kenwood DDX series (dan mungkin tipe lainnya). Selain itu mesti pakai interface module untuk translate sinyal dari tombol setir agar dapat dibaca oleh head unit.
Fact #5:
Beli perlengkapannya di BeRes, yaitu tombol setir, kabel tombol setir ke clockspring, dan faceplate. Faceplate kalau ga mau beli juga bisa tapi harus bobok faceplate asli. Saya sepertinya sukses bobok faceplate asli, bisa dilihat di gambar berikut (kanan), komparasi dengan faceplate khusus untuk tombol (kiri):

Prosesnya:



* Modif kabel tombol
* Modif clockspring
* Bobok faceplate
* Siapkan kabel ke head unit
* Pasang tombol di faceplate

Dilem pakai epoxy, karena dudukan baut tidak tersedia.
Nah, tombol siap dipasang… 😀
Pemasangan:

Thanks to Om Hendri yang sudah memfasilitasi DIY ini…

27 thoughts on “DIY: Steering Audio Button For Honda Mobilio”

  1. Mas Adhi , apakah beres honda tersedia spare part ini dan bisa pasang juga , bgm dgn airbagnya klo mau pasang sendiri , tks

    1. Om ada cp nya bisa di hubunginn? Saya sangat tertaril kalo bisa buat seperti itu, dulu saya buat kaya gini skrg mati punya saya

      1. Adhi Widjajanto

        Kalau sudah pernah bikin dan sekarang mati, lebih baik balik ke yang pasang lagi Om. Soalnya bisa jadi wiringnya berbeda.

  2. Bos,… kalau saya minat minta dipasangkan juga tobol seperti ini, mobilnya di bawa ke mana? Boleh minta nomer kontak & alamatnya?

  3. Saya juga minat nambah tombol, or mungkin tempat belinya, minta kontak dan alamatnya om, siapa tau dekat..

  4. saya penasaran untuk lio, itu cruis cntrlnya perlu kabel (entah namanya wring/jumper)ke ecu juga kah? dan harus otak2 atik etacs juga?

    sebenernya lebih penasaran ke ini.
    nah sekarang mitsu ngeluarin saingan lio katanya bisa dipasang cruis cntrl dengan penambah ccnya milik mitsu o..land.. dan perlu aktifkan lewat etcs dcode dan katanya sudah tersedia kabel cruise l di setirnya tinggal tombolnya saja. jika dalam hal ini apa masih perlu kabel entah namanya wring/jumpr menuju ecu juga kah?
    mohon jawabannya meskipun jika hanya dugaan tidak masalah atau jika agan sendiri sudah tau tolong sharingnya. terims

    1. Faceplate bobok aslinya Om. Kalau mau beli, di toko sparepart Honda juga ada cuman harganya cukup ajaib buat hanya faceplate doang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top