Kemarin saya baca di FB BRaVer kalau ada yang ditelpon BeRes terkait recall perbaikan rem. Setelah konfirmasi dengan salah satu member yang juga bekerja di Honda, saya berinisiatif untuk kontak ke Honda langganan, yang lebih dekat dengan rumah saya untuk melakukan konfirmasi. Tinggal sebut no rangka mobil, SA akan melakukan pengecekan apakah mobil kita termasuk dalam program recall atau tidak. So, karena mobil saya termasuk dalam program recall, jadi saya menjadwalkannya untuk melakukan perbaikan/ penggantian hari ini. Masuk jam 8 pagi, selesai jam 9.30.


Master Cylinder Honda BR-V. Untuk tipe saya berkode 46101-TSA-3070. Tadi mekaniknya salah ambil (kode akhir 3060, mungkin untuk tipe manual transmission).

Yang dibongkar pertama adalah master cylinder. Part ini sudah pasti diganti karena dimungkinkan adanya kebocoran. Kondisinya beragam, kata mekaniknya. Ada yang sudah bocor, ada yang belum. Tapi jika memang sudah masuk program recall, part ini pasti diganti.

Nah, sebelum master cylinder baru dipasang, mekanik akan cek master power (kita mengenalnya dengan brake booster). Jika di brake booster sudah terdapat oli rem (berarti master cylinder sudah bocor), maka part tersebut diganti juga.


Penggantian brake booster perlu membongkar seluruh intake, dari box filter udara, throtle body, sampai intake manifold.


Ini master cylinder yang lama. Seharusnya oli rem tetap berada di dalam tabung putih dan tabung silver. Jika bocor, akan keluar melalui celah batang hitam (panah merah). Terlihat master cylinder saya mengkilat karena terjadi kebocoran oli.


Ini brake booster saya yang lama. Terlihat di dalamnya mengkilat karena terlapis oleh oli rem. Di bagian dasar (tidak bisa difoto) ada genangan oli.


Brake booster yang baru. Kodenya 46401-TSA-3050.

Setelah semua parts baru terpasang, lalu dilakukan penggantian oli rem, saya perhatikan tadi habis 2 botol.

Saya sempat tanya ke mekanik, apa gejalanya dan apa akibatnya. Dia bilang karena bocornya sangat kecil, sehingga akibatnya tidak langsung berasa. Oli rem akan berkurang namun sangat sedikit. Yang saya perhatikan sih, saya pernah nambah oli rem entah lupa kapan.

Well, karena ini recall, keseluruhan biaya = Rp. 0. Seperti leaflet yang terpampang di BeRes, konsumen diharapkan untuk proaktif, tanya, jangan nunggu dikabari dari Honda.

Recall Master Brake Honda BR-V

5 thoughts on “Recall Master Brake Honda BR-V

  • November 27, 2017 at 9:24 am
    Permalink

    Thanks info nya om. Lengkap.

    Reply
  • November 27, 2017 at 10:37 am
    Permalink

    Tks infonya Om

    Reply
  • November 27, 2017 at 11:54 am
    Permalink

    Untuk informasi lebih lanjut silakan telpon ke Honda terdekat ya dengan menyebutkan nomor rangka.

    Reply
  • November 27, 2017 at 12:55 pm
    Permalink

    Lah kok udah ngga ada om? Di hapus apa bagaimana?
    Apa dapet teguran dari Honda?

    Reply
  • January 31, 2018 at 2:11 pm
    Permalink

    terima kasih infonya
    ini yang dicari info recall honda
    artikel sip

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + four =