Beberapa hari lalu saya update firmware Android, dan mendadak terlewatkan beberapa panggilan telepon saat berkendara. Usut punya usut ternyata saat kita sedang bergerak secara otomatis mode Do Not Disturb menyala. Jadi teringat setelah update fw ada konfirmasi Google Play Services meminta permission baru, lupa apa… asal klik OK (bad example).

Setelah baca sana sini, ternyata Google sudah meluncurkan intelligent mode untuk mendeteksi apakah pengguna Android sedang berkendara atau tidak. Deteksinya menggunakan beberapa sensor seperti apakah sedang bergerak, terdengar suara mesin, dan apakah Bluetooth dan WiFi terhubung ke perangkat tertentu. Hmm, interesting. Jadi kepikiran seberapa banyak data kita yang dikumpulkan dan diolah sama Google…

Di luar itu, bagi sebagian besar orang, Do Not Disturb While Driving akan mengganggu aktifitas harian (saya juga sih) walau sebenarnya fitur ini jelas membuat umur kita lebih panjang, bener ga? Cuman fitur ini masih belum bisa membedakan antara supir dan penumpang, Yanty sudah komplain tiap masuk mobil… Semalaman mencari cara untuk me-nonaktifkan fitur ini, akhirnya ketemu.

Mungkin beda-beda di tiap ponsel Android, buat di Huawei Nova 2i saya, cukup buka Settings, lalu search Do Not Disturb Access, dan matikan permission dari Google Play Services. Semoga tulisan ini membantu.

Google Play Services: Driving Mode

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.