Oksidasi: Salah Satu Penyebab Storing Pada Audio

Saya pakai kabel ini sejak awal 2017 untuk speaker di pintu baris kedua. Pertengahan 2018 speakernya mulai rewel, storing, ngikut rpm mesin. Saya sudah cek kabel dari HU ke ampli, tuker sana sini, dan sampai pada kesimpulan yang bikin storing itu dari ampli ke speaker. Entah amplinya, entah speakernya (masih pakai speaker OEM dihajar ampli 75watt), entah kabelnya.

Beberapa minggu lalu saya bongkar untuk cek soket kabel ke speaker. Ternyata ada keraknya, oksidasi! Saya coba potong dikit-dikit buat dapat bagian yang masih bagus, ternyata hanya angan-angan. Sudah habis 20cm masih belum dapat yang bagus. Vonis: ganti kabel speaker.

Karena kabel untuk speaker depan saya pakai merek RF (rekomendasi bengkel audio depan rumah, rencana akan pakai RF lagi buat baris 2, tapi ternyata mereka sudah ga sedia RF lagi, sekarang pakai merek Quarto. Saya pun juga dapat info dari Om Lukito, kalau kabel yang teroksidasi itu ternyata core nya pakai aluminium disepuh tembaga. Jadi kalau oksidasi sampai tembus core ya bablas abis semua. Ono rego ono rupo? Iyes… Harga kabel yang teroksidasi itu separuhnya dari harga kabel RF ataupun Quarto.

Nunggu mobil kelar dari body repair baru beresin. Mungkin/ semoga sekalian ganti speaker OEM jadi yang lebih baik. Ada saran speaker coax yang bagus murah?

February 13th, 2019 by