Help! Gadget saya tidak bisa akses ke WiFi 5G (Wireless AC)

Karena di rumah sudah ada Wireless router 5G/ AC, jadi saya mencoba untuk utilize semaksimal mungkin. Waktu pertama setting, yang bisa nyambung ke SSID 5G hanya notebook (Lenovo Yoga 720) dan hape saya (Redmi Note 8 Pro). Sementara gadget lain (Redmi Note 7, Vivo V9, dan Redmi A2) yang di spesifikasi sudah support 5G tetap saja tidak bisa mendeteksi SSID 5G dari router.

Ngandalin Mbah Gugel, untuk Redmi Note 7 solusi sementara adalah mengubah pengaturan region ke IN atau UK atau US. Hmm… Apakah ada kaitannya dengan channel WiFi? Lalu saya iseng mencoba set manual channel si router, dan voila! semua gadget bisa nyambung! Ternyata dari 9 channel di WiFi 5G, yang bisa digunakan oleh Redmi Note 7 dan Vivo V9 hanya channel 149, 153, 157, 161, dan 165. Sementara jika menggunakan channel 36, 40, 44, dan 48 gadget di atas tidak bisa nyambung. Tentu saja saya juga tidak bisa menggunakan pengaturan Auto. Well, aman untuk saat ini karena dari hasil scan, hanya saya yang pakai WiFi 5G di neighborhood sini. Oh ya, untuk Redmi A2 ternyata bisa nyambung ke semua channel di 5G, hanya saja preferensi dia nyambung ke 2.4G dulu, wierd.

Terkait channel WiFi, baca-baca dari Wikipedia, ternyata cukup banyak juga ya, dan setiap merk router belum tentu sama. Wireless router Tenda AC6 (rilis 2016) menggunakan U-NII-1 dan U-NII-3, dan bisa dipastikan untuk Vivo V9 (rilis Maret 2018) dan Redmi Note 7 (rilis Januari 2019) tidak bisa nyambung ke band U-NII-1. Semua brand adalah produk Cina, dan MIIT (seperti KomInfo nya indonesia) baru allow penggunaan band U-NII-1 di tahun 2013, sepertinya Vivo dan Redmi terlambat adopt band baru ini.

1 thought on “Help! Gadget saya tidak bisa akses ke WiFi 5G (Wireless AC)”

  1. Dhi, tolongin panti asuhan kita donk, untuk set up belajar online tiaphari di asrama.

    Belum ada jaringan serat optik sampe sini. Adanya cuma telkomsel, yg paling kuat naik-turun, indosat mut-mutan, xl angin2an… 🙁

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top