God’s gift in a special way

Adik ipar saya (cowok) penderita darah tinggi, kolesterol tinggi, dan gagal ginjal, sudah setahun lebih pakai CAPD untuk menjaga hidup. 2 Minggu lalu dia ikut KKR plus treatment alternatif di NTT, mengharapkan mukjizat. Well, di sana dia sudah melepaskan diri dari obatnya. Lalu dia juga melepaskan diri dari CAPD nya. Hari Sabtu lalu dia pulang (via Jakarta), mampir ke rumah sempat cari baju dokter buat anaknya yang masih TK. Hari Minggu pulang ke Cirebon, sampai di sana langsung stroke!
Dokter di Cirebon langsung melakukan cuci darah (CD), tapi karena jantungnya juga lemah (40% workable) dilakukan sistim SLEDD. Kadar kreatinin & ureum turun drastis setelah CD, tapi melonjak lagi 1 hari kemudian. Dokter di sana sudah angkat tangan, menganjurkan keluarga untuk cari second opinion.
Istrinya stress, keluarganya juga stress. Papa mertua sudah nggak ada, sedangkan mama mertua nggak vokal di dalam keluarga, jadi yang tangani ya sodara-sodaranya. Istri saya hampir tiap hari nangis, ngefek juga ke keluarga kecil saya, suram deh di rumah, ngefek ke anak-anak juga, ngefek ke saya juga yang kayaknya hampir tiap hari naik darah terus. Lebih lagi tadi malam, sudah pulang kantor telat kejebak macet nggak ketulungan gara2 hujan deras, sampe rumah dihadapi dengan anak2 yang masih santai2 belum ngerjain pe-er dan beresin buku buat besoknya. Sudah gitu saya memergoki bekal mereka yang sudah dibuat terburu-buru tiap pagi tak dimakan. Huh! Saya banting tuh roti di depan anak saya, suruh makan dan membentaknya ga ada lagi buat besok. Sedetik berikutnya nyesel. Istri juga lagi sewot sama anak-anak karena pe-ernya jadi bertumpuk. Sedih rasanya. Waktu mereka naik mau tidur, minta diberkati, saya ga berani lama-lama. Hati panas memberkati anak? Tadi malam belum beres.
Pagi tadi saya yang bangunin mereka, dah biasa sih, cuman blom minta maaf… ni kerja juga rada bengong… nulis ini juga rada ngelantur. Bebanku lagi berat nih Pals… Tar pulang kantor mesti diberesin.
Btw, soal adik iparku, emang kondisinya ga bisa dibawa kemana-mana. Padahal dokter CAPD nya di Cikini. Tadi pagi saya ngebut anter istri jam 6.30 dari rumah ke Cikini hanya untuk mengejar konsultasi jam 7 pagi, cari 2nd opinion ke dokternya. Dapat kabar lumayan positif, setelah lihat data dari rumah sakit cirebon, dokternya bilang 60% optimis bisa recover. Tadi saya telpon, nada istri saya “cukup” gembira. Di Cirebon, sudah manggil pastor buat sakramen terakhir. Yah, sepertinya saya sekeluarga sedang mendaki… persis di hari ulang tahun pernikahan kami yang ke-9…
Bantu doa yak…
(as posted @ milis Priasejati, same day)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top