Vehicle DRL On State

Daytime Running Light atau DRL, di beberapa negara sudah diwajibkan karena menambah visibilitas kendaraan terutama dilihat dari kaca spion. Saya pernah memasangnya di mobil teman:

Nyala saat kunci kontak di ACC, redup saat lampu senja dinyalakan, dan mati saat headlamp dinyalakan walau ada false state saat hi beam DRL jadi nyala redup karena sinyal hanya terbaca dari low beam. Pakai dioda 5A atau lebih mungkin bisa diatasi. Cuma kondisi DRL nyala saat kontak ACC itu mengganggu. Akan lebih asik kalau DRL baru nyala saat mesin sudah nyala. Tapi sambungin ke mana?


Setelah ubek-ubek Internet dan ESM, akhirnya nemu satu sinyal yang bisa dipakai: dari alternator! Alternator Honda Jazz memiliki 3 kabel (putih/merah, putih/hijau, putih/biru) dan salah satunya (putih/biru) memberikan sinyal 12V hanya saat mesin menyala. Kabel ini tersambung ke ECM/PCM box jadi saat implementasi nanti tak perlu tap dari alternator tapi tap dari ECU (soket B kaki 46). Jadi jika pakai DRL seperti yang saya pasang di atas, tambahkan relay NO untuk mengubah kelistrikannya: kaki 85 ke ECU B46, kaki 86 ke ground, kaki 30 ke positif aki, kaki 87 ke kabel positif modul DRL. Dengan begitu DRL akan menyala hanya saat mesin menyala (dan lampu senja/ lampu besar mati). DRL akan tetap mati saat mesin mati walaupun kunci kontak dalam posisi ACC.
Well, akan saya terapkan konfigurasi ini besok Sabtu saat saya membuat DRL sendiri. Beli Esuse DRL terlalu mahal buat saya.
==
Edit: Ternyata sinyal dari alternator ke ECU kurang kuat walau hanya untuk nge-drive relay sekalipun. Tegangannya sih memang sesuai aki, cuman sepertinya arusnya sudah dikecilkan. Kalau tetap mau pakai sinyal ini, mau tak mau harus membuat relay digital menggunakan transistor, atau optocoupler.

11 thoughts on “Vehicle DRL On State”

  1. “Edit: Ternyata sinyal dari alternator ke ECU kurang kuat walau hanya untuk nge-drive relay sekalipun. Tegangannya sih memang sesuai aki, cuman sepertinya arusnya sudah dikecilkan. Kalau tetap mau pakai sinyal ini, mau tak mau harus membuat relay digital menggunakan transistor, atau optocoupler.”
    Jadi DRL ON ketika mesin nyala tdk bs ya jika tanpa relay digital? terima kasih…

  2. manthap sekali om.. cuma nubie awam sekali nih soal kabel kelistrikan.. kemarin masang DRL di w204 mercedes.. tapi ternyata drl nya langsung disambung gitu entah gimana.. jadi ketika mesin hidup, otomatis DRL hidup.. nah tapi pas lampu utama dinyalakan pada malam hari, DRL juga tetap terang.. tidak meredup. bagaimana caranya agar bisa meredup ya? harus beli apa saja dan apakah om tau beli nya dimana? thx..
    sori super awam nubie

  3. Mas Adhi,

    Gimana kalo pake signal oil pressure? Dari wiring diagram honda fit yg saya dapat, oil pressure switch akan close kalo engine run. Jadi urutan aslinya gini:
    Power(+) – Led indicator – resistor – preesure switch- ground
    Modif rencananya:
    Diantara resistor saya tambah dioda 2 buah berujung katoda ke pressure switch. Dioda pertama anoda ke resistor, yang satunya anoda ke relay yang udah ada powernya….

    Saya agak takut dengan oil pressure swictch masalah ampere yg boleh lewat…kalo gak salah harga diatas 1 jt

  4. Boleh juga gitu. Saya juga terapkan hal yang sama untuk led kabin. Ngeground ngikut door switch.

    Untuk DRL, saya ikutkan parking brake saja. DRL baru nyala jika parking brake diturunkan. Switch parking brake relatif simpel, dan ga sampe jutaan kalau rusak.

  5. Bang, tolong dibantu untuk instalasi headlamp hrv prestige di pasang ke hrv E supaya drl nya bisa redup ketika lampu senja on.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.