Peer Matematika Kelas 4 SD

Kemarin Yanty balik malem karena ikut Zumba di kantor. Pas Rara ada peer Mat, pas juga Willi lagi liburan di rumah. Waktu Rara bilang peernya susah, saya trus bilang “Coba tanya Kakak gimana caranya”. Tapi beberapa menit kemudian Willi nyerah. Dia bilang De Rara belum tahu basicnya… Hm… Penasaran, saya trus takeover.

Soalnya ada 3:
1. Diketahui luas persegi panjang sekian, lebarnya sekian. Berapa panjangnya?
2. Diketahui keliling persegi panjang sekian, lebarnya sekian. Berapa luasnya?
3. Diketahui luas persegi panjang sekian. Panjangnya sama dengan tiga kali lebarnya. Berapa kelilingnya?

Saya nanya ke De Rara, dan dia tahu rumus keliling dan rumus luas persegi panjang. Jadi menurut saya basicnya udah tahu. Entah kakaknya tadi approachnya dari mana, lulusan bimbel mat mungkin punya cara beda yang saya gatau. Rara cuman perlu diarahin cara baca soalnya, trus implementasi ke rumus yang dia sudah tahu. Untuk nomor satu straight forward, muka dia mulai cerah. Untuk nomor dua setelah saya kasih tahu kalau pakai dua rumus, walau cukup lama berkerut tapi selesai juga. Nah untuk nomor tiga pakai dua rumus juga tapi di tengah perjalanan ketemu formula luas sama dengan lebar kali lebar. Saya nggak tahu apakah anak kelas 4 SD sudah belajar akar? Akhirnya saya suruh cari perkalian dengan angka sama yang hasilnya sama dengan luasnya. Ketemu juga walau lama karena yang dicari akar 81, hehehe.

Inikah soal-soal skolastik yang digadang-gadang Mas Nadien? Kalau iya, pantas saja dicela banyak anak Sos yang sejak kelas 9 lebih banyak mengandalkan hapalan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top