Good Bye ART

Membaca salah satu postingan yang muncul di IG feed tentang keputusan suatu keluarga untuk melepaskan jasa Asisten Rumah Tangga (ART), mengingatkan saya 5 or 6 tahun yang lalu saat kami juga memutuskan melakukan hal yang sama, wkwkwk… Sebetulnya keputusan ini lebih kearah terpaksa sich gegara Covid-19 menyerang dan kami tidak mau mengambil resiko dengan ART yang waktu itu minta ijin pulkam lalu kembali lagi dengan kondisi masa-masa pandemi. Dan, perjuangan kami pun dimulai…

Bangun lebih pagi. Semua anggota keluarga wajib mengambil bagian tugas rumah termasuk anak-anak dari yang paling besar sampai yang paling kecil (waktu itu Adek masih kelas 3 SD), disesuaikan dengan kemampuan mereka. Kakak urus cucian dan jemuran. Cece mulai belajar masak nasi, Adek belajar disiplin untuk menyalakan rice cooker setiap jam 5 sore di sela-sela waktu game dia. Skala prioritas dan abaikan diberlakukan: gak semua baju harus di setrika, gak perlu tiap hari ngepel yang penting di sapu aja, semua cucian masuk mesin ga pilah-pilah lagi.

Buat saya sendiri, meningkatkan skill setrika karena tugas ini butuh fokus dan nggak bisa disambi lihat hape or masak, soalnya makin lama selesai makin bengkak tuch tagihan listriknya. Belajar food preparation, bahan makanan ditata masuk ke kotak, bumbu digiling atau nyoba bumbu2 yang instan, daging di marinasi, jadi kalau pagi mau masak tinggal capcus nggak pake ribet.

Beli robot vacuum, kalo ini paksu yang maksa banget beli gegara dia yang kebagian tugas untuk menyapu lantai rumah. Kunci rumah ganti yang keyless karena sudah tidak ada yang bukain pintu kalau anak-anak pulang sekolah. Semua AC pasang timer on dan off biar efisien. CCTV upgrade ke yang lebih tinggi resolusinya dan diakses via VPN dari hape. Ini masih evolving sich, mengarah ke smart home nantinya.

Pada masa-masa awal semua terasa sangat berat dengan kondisi tiga anak sekolah dan kami berdua bekerja pergi pagi dan pulang malam dengan situasi jalanan Jakarta yang selalu macet sampai rumah tidak bisa leha-leha di depan TV tapi harus mengerjakan pekerjaan rumah yang banyak. Tapi ach masa-masa sulit itu sudah lewat karena anak-anak sudah bertambah besar, apalagi sudah pergi kuliah jadi otomatis di rumah penghuni berkurang, otomatis beban cucian, setrika baju berkurang juga wkwkwk.

Sekarang kami enjoy dengan kondisi rumah yang tanpa ART. No drama di PHPin ama ART setelah Lebaran janji balik taunya kagak balik, no worry Adek ada yang jemput sekolah apa tidak karena sekarang udah pake antar jemput rutin bareng temen-temen lainnya.
Dulu saya tiap tahun saya harus spare 1 minggu untuk libur Lebaran dan 1 minggu lagi buat hunting nyari ART di tiap yayasan plus ngajarin ART rules rumah kami. Tapi itu masa lalu sekarang di rumah entah perasaan saya saja atau memang terasa lebih bersih dan yang terpenting segala rahasia dapur rumah kami tidak akan keluar dan menjadi bahan gosip gibahan para ART yang selalu berkumpul di Taman Kompleks menemani anak2 di sore hari (walaupun tidak semua ART begitu namun biasanya itu yang menjadi menu utama mereka yang kadang waktu dahulu saya juga bisa mendapat bocoran dari ART saya hahaha…