Trip to Rangkasbitung

“Ah, paling cuman sejam…” kata temen Yanty. Entah benar atau tidak saya mencoba membuktikannya ke Yanty yang ngambek kalau nggak dianterin ke Rangkasbitung, Sabtu lalu. Berangkat jam 10 pagi, tembus ke tol Jakarta Merak 10.30. Ngebut sampe Karang Tengah lalu bertanya ke petugas tol, “Keluar Serang berapa pintu lagi Pak?” Jawabannya mengejutkan saya, “Kilometer 72…” Waks!!!
Saya ngebut, dalam artian bener-bener ngebut. 120kph pas di satu lane, 160kph pas 3 lane mulus. Selap selip aja. Yanty diem aja, sementara anak-anak di belakang sudah tidur. Sampai Serang, kami kesasar lagi. Buku peta saya tak ada yang bertuliskan Serang, apalagi Rangkasbitung. Tanya polisi, jawabannya sungguh bikin nyesek, “Masih 2 jam perjalanan lagi lho Bu…” ampun dah! Kali ini tak ada tol, jadi jalannya ya gitu deh. Lewat Pandeglang karena katanya jalannya lebih baik, sampai TKP jam 2 sore. What a trip.
Pulangnya saya ngekor temen yang tahu daerah situ, lewat Petir, yang kualitas jalannya mengingatkan saya dengan jalur Salatiga – Kopeng – Magelang. Mayan lah, lebih cepat 1 jam dibandingkan saat lewat Pandeglang. Mau lihat petanya?