Plumbing

Pasang sock drat luar ke potongan pipa 1″ pake lem. Sambungkan lagi ke sock drat luar lainnya. Bungkus drat dengan isolasinya. Pasangin stop kran. Pasang sock dobel drat di stop kran setelah dililit dengan isolasi pipa. Pasang water mur di sock dobel drat tadi. Ujung satunya dimasukkan ke sock drat luar. Lalu sambung dengan pipa pendek ke knee 1″ juga.
Gee, itu baru sebagian kecil kerjaan instalasi pipa air di rumah. Sejak direnovasi jalur pipanya dibelokkan kesana kemari sama tukangnya. Bikin aliran air jadi mini. Hari Minggu (bolos lage neh…) betulin pipa & pasang radar air di tandon air. Kayaknya bener-bener seharian nongkrong di antara genting & plafon. Turun ke bawah jam 6 sore (miss my lunch), Willi langsung tunjuk-tunjuk, “kotor… kotor…”. Badanku hitam semua kena debu, jelaga, sarang laba-laba…
Pas dicoba, phew, semua lancar. Air tandon tinggal 1/3 pompa nyala otomatis, penuh mati sendiri. Ntar otomatis nyala lagi kalo tinggal 1/3 lagi. Aliran air kenceng, nyuci lancar. Puas deh.
PS. Ilmu per-pipa-an dapet dari Bokap tercinta…

9 thoughts on “Plumbing”

  1. aha…aku tertarik nih sama postingan yang satu ini. di kalimat yang paling bawah.
    BTW, gimana nih caranya bisa bikin aliran air otomatis kayak gitu?he..he..maklum, baru aja punya rumah sendiri. kebetulan juga rencananya mau pasang tandon. jadi berguna banget deh, balasannya aku tunggu segera ya…dikirim lewat e-mail or blogku gpp. yag lengkap ya…cara pasang radar airnya, disebelah-sebelah mana ….dst. aku tunggu…
    makasih banget sebelumnya..

  2. salam kenal, pa saya juga punya masalah yg sama seperti bu esti, saya baru beli pompa dan radar air, tapi bingung cara masangnya. bolehkah saya minta copyan cara masang radar air ke email ku… terima kasih sebelumnya dan saya tunggu pak…

  3. terima kasih pak email dah saya terima, btw kabel yang di sambung ke Stok Kontak PLN itu yang positif atau negatif?, trus kabel asli bawaan dari Jet Pump di potong dong…?

  4. pak punten sekali lagi, bisa di foto gak cara nyambungin kabelnya dan instalasinya radar nya, cuz saya bingung sekali dan kurang paham…, Terima Kasih sebelumnya..

  5. Kalau di saklar radar punya saya ada 4 sekrup buat masang kabel. Yang akan dipakai hanya dua (lihat di gambar saya sebelumnya, yang masuk ke radar hanya yang dari PLN dan yang ke pompa). Nah kalau nggak punya multitester ya perlu trial error.
    Coba pasang satu kabel di sekrup yang kiri atas dan satunya di kanan atas. Waktu saklar tanpa gantungan pemberat harusnya posisi saklar mati (pompa tidak bekerja). Waktu saklar digantung penuh (tarik saja talinya untuk simulasi) pompa harus bekerja.
    Kalau ternyata tanpa gantungan pompa sudah bekerja, coba pindahkan kabel yang di sekrup kanan atas ke sekrup kanan bawah (atau mungkin saja di kiri bawah).
    Yang satu ini saya coba foto deh nanti malam, saya upload sekalian… 😀

  6. terima kasih banyak pa infonya, sangat berguna bagi saya untuk di praktekkan di rumah, n jd punya kewajiban untuk menyebarkan ilmunya nih….

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top