Apa Manfaatnya Ikut Pria Sejati?

Pertanyaan bagus. Jawabnya juga rada susah. Saya mencoba menjawabnya setelah ada calon peserta yang menanyakannya. Sayang dia akan ikut di Jakarta Selatan, tak kesampaian deh ketemuan.


K***:
Hi mas Adhi , saya K***, mau tanya, apa aja mafaatnya ikut Pria Sejati sih ?
Adhi:
😀 tergantung anda sendiri
K***:
Maksudnya ?
Adhi:
Maximized Manhood (MM) bisa memberikan perubahan cara pandang sebagai pria buat anda. Tapiii…. tergantung dari seberapa besar semangat anda untuk berubah.
K***:
Finallly.. more detail explanation..:)
Adhi:
Er… tanya dulu, anda sudah berkeluarga?
K***:
Sudah, 37 tahun, 1 anak 3 tahun, jujur aja..saya memang sedang mau berubah.. dari pribadi egois dan very self centered menjadi pribadi yang bisa mengasihi orang lain… dimulai dari … istri dan anak saya.
Adhi:
Nah semangat itu sudah cukup.
K***:
Udah coba… tapi gak gampang emang.
Adhi:
Di MM anda akan mendapat cara2 praktisnya untuk berubah dari yg anda sebelumnya menjadi yg anda harapkan. Plus anda akan mendapat dukungan dari : fasilitator anda, dan teman2 senasib yang ingin berubah juga. Dulu anda mencoba berubah sendirian. di MM anda akan mencoba berubah bersama-sama. Sampai sekarang, kita ada 3 kelas (jenjang) camp/ pemuridan. Maximized Manhood, berbicara tentang perubahan. Strong Man, berbicara tentang mempertahankan & meningkatkan perubahan itu. Dan modul terakhir (lupa namanya), berbicara tentang impartasi semangat perubahan ke orang lain.
K***:
Pake acara semacam pelepasan tengking2 segala enggak sih?
Adhi:
😀 alergi dengan sesi semacam itu?
K***: Enggak juga! Saya dari gereja *****.. akrab dgn yang begituan juga kok, cuman belakangan saya lebih kritis aja dgn segala fenomena itu.
Adhi:
Gini deh. Saya jelasin event2 nya. Pertama, anda daftar. Lalu ada kelas yg namanya pra camp, biasanya hari senin or selasa. Di situ ada briefing tentang camp itu sendiri. Apa yg perlu dibawa, aturan2 camp, de es te. Plus satu sesi untuk modal mengikuti camp. Habis itu, camp dilakukan hari sabtu-minggu. Ada 6 sesi, tiap sesi acaranya: pujian, kotbah, altar call, sharing, kesaksian. Nah, waktu altar call, ya tergantung orangnya. Sejak tahun 2003 ikut pelayanan ini, ada saja yang ber’fenomena’ seperti itu. Ada yg hanya luapan emosi, ada yg bener2 pelepasan. Waktu sharing kelompok, anda akan saling bertukar pengalaman hidup berkaitan dengan yang baru saja dikotbahkan. Nanti ada sub-sesi kesaksian juga dari teman2 lainnya. Gitu untuk camp. Habis itu akan ada 6 kali sesi kelas, biasanya tiap senin.Ritmenya sama persis dengan di camp, hanya saja peserta dihadapkan dengan 6 hari bersama keluarga sebelum mengikuti kelas berikutnya. Aplikasi perubahannya bisa langsung terasa. Kenapa 6 kelas? (6 minggu lho!) Ini menguji endurance anda. Perubahan itu nggak ada yg instan. Dan yg instan biasanya nggak bertahan lama. Tim MM berkewajiban mensupport anda sampai 6 minggu. Setelah itu kita adakan KOMPAS (KOMunitas PriA Sejati) untuk cover alumni. Bentuknya mirip FA atau KomSel, tapi pesertanya cowok semua. Kalau anda dari gereja *****, mungkin ada juga teman seibadah anda yang sudah ikutan… 😀 di data saya saja ada puluhan kali yg dari gereja *****… Belum lagi di area lain.
K***:
Anda instruktur yah ?
Adhi: :)) bukan. Saya tipe introvert yang sudah lumayan jadi extrovert karena MM. Saya hanya pegang bagian IT nya CMN Jakarta Barat
K***:
Hmmm let me guess :)..jadi blog itu juga hasil setelah jadi extrovert dari MM yah.
Adhi:
Bukan. Saya lebih terbuka tanpa berhadapan dengan orang. Itu blog sebagian salinan tulisan2 saya belasan tahun yang lalu di diary offline di notebook atau di diary beneran. 😀
K***:
Ok mas Adhi. Thanks saya dapet gambarang lebih jelas. Sy akan ikut yang Jaksel 26/27 ini.. oh yah.. satu lagi pertanyaan… dan masalah yang agak sensitif nih.
Adhi:
Boleh… 😀
K***:
Kok biaya nya 400rb yah.. kalau ada orang yang lagi butuh ikut tapi ada prob keuangan.. kan belum tentu bisa bayar.. mohon penjelasan..
Adhi:
Nah itu tergantung dari area masing2. Kalo di Jakarta Barat, terkadang orang yg “keberatan” akan dikenalkan dengan beberapa orang yg memang sering jadi “donor”. Jakarta Selatan sudah 400rb ya?
K***:
Yah..
Adhi:
Kami di Jakarta Barat baru kali ini 400rb u/ 22-23 agustus. Camp yg lalu masih 350rb
K***:
Sorry.. memang mungkin saya masih ada “roh pengkritik” yang perlu dilepaskan.. 🙂
Adhi:
:)) kalau ada roh pengkritik dan ada roh menerima kritikan dengan lapang dada, mungkin anda cocok bergabung dengan tim Jakarta Barat… :))
K***:
Soalnya kesannya rada exclusive gitu lho.. orang yang sedang “terpuruk” kan bisa aja keberatan bayar segitu..
Adhi:
Dengan 400rb nya jadi terkesan exclusive? emang sih. Tahu nggak biaya untuk modul 3? 1.25 juta! Sampai sekarang saya saja belum ikut karena soal biaya pendaftaran… 😀 Modul 3 memang bentuknya lain sih: outbound.
K***:
Jujur.. saya lihat dari penjelasan anda.. ini bagus… tapi.. yah itu.. rada exklusive..
Adhi:
Jangan bilang exclusive lah. bilang aja mahal… 😀
K***:
Kan pake “rada”… 🙂
Adhi:
Exclusive kok kesannya komunitas tertutup. Padahal yg ikut dari agama lain juga nggak sedikit kok.
K***:
Udahlah gpp, sorry belum2 udah ngritik… thanks yah… nanti kita diskusi lg setelah saya ikut..
Adhi:
🙂 sudah daftar kan?Sudah bayar juga?
K***:
Belum.. lum sempet.. saya udah contact CMN jaksel.. nanti pracamp tgl 21 saya datang langsung bayar
Adhi:
Pokoknya kuncinya cuman satu: terbuka, open minded, dan bawellah di sana, curhat sepenuhnya. sampe fasilitatornya capek juga ga apa2…. 😀
K***:
Ada sesi 4 mata enggak ? malukan ngomong aib masa lalu kalo rame2 kan ?
Adhi:
Code kita: yg dikeluarkan di sana tak akan keluar kemanapun lagi. Jangan malu ngomong sering masturbasi, selingkuh dengan cewek lain etc etc
K***:
Rame2 🙂
Adhi:
Tahu nggak, sebagian pria kelemahannya sama juga…
K***:
?
Adhi:
Kalau pas dapat fasilitator yang oke, dia akan mulai terbuka dulu. Tapi kalau mau private juga bisa kok, meski tidak diajurkan. saat jeda sesi bisa saja menggeret fasilitator anda untuk cerita. Intinya terbuka secara horisontal. Kalo terbuka vertikal kan biasanya gampang aja… 😀
K***:
Menarik sekali… thanks banyak yah
Adhi:
Ok. have fun!… or mungkin bukan kata yg tepat juga kali… 😀
K***: Tepat.. Holy Fun. Fun yg rohani

5 thoughts on “Apa Manfaatnya Ikut Pria Sejati?”

  1. Nah bisa nggak seseorang berubah dari cara hidup lamanya tanpa harus ikut camp pria sejati. Apa ikut camp itu merupakan satu satunya cara mengubah hidup pria ?
    Thanks mas Adi

  2. Pakai cara lain jelas ada. Cara berubah kolektif (bareng-bareng) kan memang sudah ada dari dulu. Misal ke gereja, ikut komunitas sel, hang out dengan “idola”. Pria Sejati hanya memfasilitasi/menginstitusikan kegiatannya saja. Selanjutnya? terserah masing-masing peserta.
    Seringkali, kalo tidak ada yang menyemangati, niat kita jadi kendor… trus lupa… trus nggak jadi berubah deh.

  3. 123 …. yesss!!!
    ikut nimbrung boleh kan mas Adhi, saya dari CMN Malang …
    hmm, banyak juga yg tanya serupa di atas … jawabannya juga beragam, tapi 1 yg pasti kita sendiri harus KONSISTEN dgn perubahan itu …
    kan sudah ada slogannya “Perubahan bukanlah perubahan sampai terjadi perubahan” …
    oh ya di malang akan ada camp reguler tgl. 1-3 Desember 2008, mohon dukungan doa, agar acara lancar dan banyak jiwa yg tertolong ….
    salam,
    ~thenmustverry~

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top