DIY: Pasang Sensor Parkir (Mundur) di Honda Jazz

DIY time! Kalau minta pasangin tukang paling cuman bayar 30 – 50 ribu. Tapi ga dapet puasnya pasang sendiri. Ini sharing saya: pasang sensor parkir (mundur) dua titik dengan display pada Honda All New Jazz (ANJ) MMC/ Facelift.



Pertama, buka tutup lubang servis lampu belakang kanan. Lalu lepas konektor lampu mundur. Kalau di ANJ-MMC warna konektornya hijau.

Keluarkan kabel dari selang kabel. Kupas kedua kabelnya, lalu sambungkan dengan kabel power dari sensor parkir. Kabel warna hijau = positif, kabel warna hitam = negatif.

Tutup dengan isolasi kabel, rapikan lagi dengan memasukkannya kembali ke selang kabel dan kencangkan dengan isolasi.

Pasang display unit pada tempat yang diinginkan. Saya memilih di bagian bawah panel sakelar. Angka penunjuk jarak jadi terbalik sih (ga bisa dibalik wakau saya sudah coba membongkarnya), tapi biarlah.

Buka karet pintu depan. Akan terlihat celah pada triplang dan terdapat selang kabel lagi.

Masukkan kabel display unit ke dalam celah tersebut dengan rapi, jangan sampai mengganggu saat karet pintu terpasang kembali. Buka juga karet pintu belakang. Dengan bantuan kawat, lewatkan kabel melalui palang pintu. Pastikan kabel melalui bagian bawah sistim sabuk kursi sehingga tidak mengganggu performanya.

Untuk melewatkan kabel melalui panel belakang, buka tutup lubang servis shock, lalu dengan bantuan kawat lewatkan dulu kabel melalui lubang ini. Setelah itu (sekali lagi) dengan bantuan kawat lewatkan kabel ke atas keluar dari lubang servis lampu belakang kanan.

Ukur dan tandai pada bumper titik yang akan dipasang sensor. Untuk ANJ-MMC terdapat pola panduan posisi sensor di balik bumper. Silakan intip dari kolong mobil. Kalau tidak mau repot, posisi yang pas dengan pola tersebut adalah 46 senti dari ujung aksesoris bumper (yang berwarna hitam) dan 12 senti dari tekukan pertama bumper. Punya saya beda tipis dari pola yang tersedia (tahunya belakangan sih). Setelah ditandai, lubangi dengan bor. Pakai mata bor yang sudah disediakan.

Setelah lubang terbentuk, rapikan dengan cutter.

Masukkan sensor ke dalam lubang. Sempit memang, tapi harus begitu agar tidak mudah lepas. Pastikan sensor masuk dengan sempurna.
Agar mempermudah pemasangan kabel, buka tutup ban serep & panel bawah pintu belakang. Akan terlihat dua lubang di kiri dan kanan bodi mobil yang tertutup dengan sumbat karet. Lepas kedua sumbat karet dengan mendorongnya keluar.

Lubangi bagian tengah karet dengan menggunakan cutter, berpola +. Lalu besarkan dengan bantuan mata bor.

Masukkan kabel sensor melalui karet tersebut, kemudian masukkan kabel melalui lubang pada bodi mobil. Tutup kembali sumbat karetnya.

Rapikan kabel-kabelnya, lalu dengan bantuan kawat lewatkan kabel dari bawah melalui bagian dalam panel belakang keluar di lubang servis lampu belakang kanan.

Rapikan kabel-kabelnya. Pasang semua kabel pada control unit. Lalu test seluruh pemasangan dengan menyalakan mesin dan memasukkan gigi mundur. Jika semua berjalan lancar, sensor bekerja sebagaimana mestinya.

Masukkan kabel dan control unit ke dalam lubang servis lampu belakang kanan, dan tempelkan control unit pada bodi dengan perekat yang sudah tersedia. Well, saya pakai 3M… :D. Kembalikan semua panel yang terbuka.

August 6th, 2011 by