DIY: Pasang Relay & Stabilizer untuk Headlamp Honda New Jazz

Well, saya kena “racun” dari trit otomotif. Ditebus dengan harga 100 ribu di Tanto Motor dengan harapan cahaya lampu bisa lebih solid. Pasangnya pun ga susah kok, ini yang saya lakukan.

MX-11 yang saya beli terdiri dari tiga komponen: kabel lampu (nomor 1), bracket (nomor 3), dan MX-11 (nomor 2) itu sendiri.



Copot socket headlamp kanan, lalu bungkus dengan isolasi agar tidak kemasukan air (nomor 2). Kabel lampu dari MX-11 dipasang pada headlamp (nomor 1).

Sedangkan groundnya saya sambungkan ke ground mesin.

Copot socket headlamp kiri (nomor 1), lalu sambungkan ke socket male dari kabel lampu (nomor 2). Pasang pula kabel lampu pada headlamp. Saya terpaksa membongkar sedikit ikatan pada kabel lampu bagian kiri agar kabel lampu nanti dapat dirapikan melalui belakang grill.

Pasang bracket pada MX-11, lalu tekuk agar dapat dipasang pada satu-satunya tempat yang bisa saya pikirkan: di antara accu dan air intake.

Sekrupkan MX-11 di salah satu sekrup air intake, lalu pasang juga kabel-kabelnya: kabel merah ke positif accu (nomor 1), kabel hitam kecil dari MX-11 ke negatif accu (nomor 2), ground lampu juga saya langsungkan ke negatif accu (nomor 3).

Rapikan kabelnya dengan wire strap dan beginilah hasilnya. Sekering saya selipkan persis di belakang accu (nomor 1). Kabel saya tutup dengan isolasi (nomor 2) yang mungkin besok akan saya buka saja karena kabelnya cukup panas saat lampu dinyalakan. MX-11 (nomor 3) terpasang pada sekrup air intake (nomor 4).
Nah, untuk hasilnya sendiri saya sudah coba untuk jarak dekat (intensitas). Nggak ada bedanya… 🙁 benar-benar rada kecewa. Mungkin testimoni positif dari pengguna adalah untuk mobil-mobil yang sudah cukup berumur. Buat mobil yang relatif baru, perbedaannya tak terlihat. Foto komparasi sedang saya siapkan…

September 11th, 2011 by