DIY: Ganti Shock Honda Beat – YSS Hybrid

Sudah setahun lebih, hampir 12 ribu kilometer. Entah memang dari dulu begini atau shocknya yang sudah rada-rada. Kalau posisi tanpa beban, tinggi sekitar 62,5 cm dari lantai. Kalau kami berdua naik, langsung drop ke 57,3 cm alias turun 5 cm. Wajar ga sih? Kami berdua total 140 kilo… hehehe…

Ini kondisi tanpa beban. Saat kami berdua naik, susah ambil fotonya… 😀

Ini setelah shock diganti. Tinggi jadi 63,5 cm (spring adjuster pada posisi paling rendah). Cuman kalau kami naiki, hanya turun 2 cm! Kami lalu pakai sebentar putar-putar kompleks, coba “menghajar” beberapa polisi tidur, kayaknya lebih enak. Rebound ga jauh-jauh amat seperti shock OEM.
Unboxing YSS Hybrid



In the box…

Contents…

Kiri: Perbandingan dengan OEM. Kanan: Terpasang
Pemasangan
Sebenarnya proses bongkar pasang shock Beat sangat mudah. Cuma perlu kunci sock nomor 14 untuk baut atas dan kunci 10 untuk baut bawah. Hanya saja untuk membuka baut atas perlu membongkar body cover kiri. Dari saran salah satu rekan Beamous, saya hanya membuka sisi belakang cover saja. Pertama membongkar handle bar (4 baut nomor 12). Kemudian satu sekrup di bawah handle bar. Kemudian dilanjutkan di bawah fender: satu sekrup dan satu baut nomor 10. Nah, tricky part adalah membuka baut pengencang modul lampu belakang yang tersambung pada body cover. Dibukanya dari dalam, agak miring sih, tapi bisa kok… 😀 Setelah sekrup terakhir terbuka, tarik dengan cermat bagian bawah body cover yang dekat dengan fender, sampai seluruh sisi belakang body cover terlepas.

May 5th, 2012 by