DIY: Mirror Auto-retract di Honda Jazz RS

Setelah dua tahun pengen fitur ini akhirnya kesampaian juga. Desain sudah dikepala sejak lama, sudah di share juga di trit GSI di Kaskus, tapi ada satu yang kurang: trigger! Pertama kepikiran ambil trigger saat gigi masuk ke P (bongkar konsol tengah agar bisa nge-tap ke lampu P) cuman kok ga efektif. Ada ide lagi ambil trigger di switch ACC kontak, tapi males bener kalau harus bongkar dashboard. Sampai beberapa hari lalu salah satu teman memberi ide cemerlang: ambil dari alarm! Nah… baru kepikiran, kalau teknisi-teknisi CCAS yang memasang M5+ selalu menawarkan modul auto-retract, pasti alarm satu itu punya fitur yang bisa dipakai!
Bongkar-bongkar dokumen lama, mantengin lagi ESM, diagram lama, dan wiring M5+ akhirnya memutuskan untuk uji coba alarmnya dulu. Ternyata ada tiga kabel yang tak terpakai. Saat dites, satu kabel memberikan sinyal ground saat alarm diaktifkan (locked) dan baru putus saat alarm dimatikan (unlocked). Kabel satunya lagi malah hanya memberikan sinyal ground sesaat saja, kurang dari satu detik malah, saat alarm diaktifkan dan langsung kembali putus. Wah, kurang lama! Saya perlu sekitar 5 – 10 detik untuk menutup spion. Teman saya mengingatkan lagi kalau dia juga harus reprogram alarmnya agar mendapat fitur yang dia inginkan, repotnya alarm dia bukan M5+. Setelah beberapa kali mencoba reprogram, akhirnya dapat juga sinyal ground selama 10 detik. Nice! Selanjutnya baru merangkai modulnya.


Bahan-bahannya simpel:

  • Relay lima kaki plus rumah relay 2 set
  • Sekering 7.5A plus rumah sekering 1 set
  • Kabel 5 – 7 meter
  • Isolasi bakar secukupnya (ha… spt resep masakan saja)

Ingat yah, relay yang dipakai yang seperti ini…

Ada juga relay lima kaki yang 87 dan 87a nya tersambung menjadi satu. Kita pakai yang kedua kaki tersebut bekerja saling berlawanan.
Kalau dilihat di ESM, saat tombol di posisi extend, kabel abu-abu (grey) akan mendapat sinyal negatif dan kabel kuning (yellow) akan mendapat sinyal positif. Begitu sebaliknya saat retract kabel abu-abu (grey) akan mendapat sinyal positif dan kabel kuning (yellow) akan mendapat sinyal negatif. Nah, kita akan mencontek kondisi retract saat alarm diaktifkan. Diagram yang saya susun seperti ini:

Cara kerjanya:
Saat alarm tidak aktif (saat kontak pada posisi ACC, alarm otomatis tidak aktif), kabel grey dan yellow akan terhubung seperti rangkaian aslinya. Jadi tombol extend-retract dapat berfungsi normal. Saat alarm aktif, alarm akan meng-ground-kan kaki relay nomor 86 sehingga relay bekerja. Kabel grey mendapat sinyal positif langsung dari accu dan kabel yellow mendapat sinyal negatif sehingga spion akan tertutup. Relay akan dalam posisi seperti ini selama 10 detik dan setelah sinyal negatif dari alarm terputus relay akan mati dan kabel grey dan kabel yellow akan kembali terhubung seperti rangkaian aslinya. Saat kunci kontak pada posisi ACC, kabel grey akan mendapat sinyal positif lagi dari sakelar asli sehingga spion akan otomatis membuka kembali. Bingung? paling enak lihat videonya saja deh… 😀

Berikut beberapa foto pemasangan. Cover dashboard atas harus dilepas agar bisa mengakses kabel dan sakelar spoin dengan leluasa.

Retract modul

Wiring pada kabel sakelar spion

Penempatan modul retract, agar mudah pemeliharaannya.

Fitur yang memberikan sinyal negatif selama 10 detik.
Mau? Silakan tinggalkan komentar… 😀

May 11th, 2013 by