ISP untuk saya?


Zoneminder saya mengirimkan “laporan rutin” sekitar 0,18GB per hari. Kalau untuk 20 hari kerja per bulan berarti perlu sekitar 3,6GB. ISP yang saya pakai di rumah sekarang adalah Smartfren Connex Unlimited 100.000 dengan FUP 5GB per bulan. Plus sekarang hampir seluruh anggota keluarga (kecuali Rara) sudah fully connected baik untuk ngerjain pe-er, chat dengan teman, dan main game online. Tak heran kalau 1,4GB sisa FUP sudah habis sebelum masa 30 hari lewat, dan bandwidth langsung drop dari 1Mbps menjadi 64Kbps. Zoneminder sih tidak komplain dengan speed hanya 8KBps, toh hanya mengirimkan email, walau sering datangnya jadi terlambat. Hanya saja saya hampir bosan dengan keluhan “real” user lainnya. Ngerjain pe-er mesti nunggu saya pulang untuk meminjam “Internet yang cepat” dari henpon saya. Terlebih lagi game HayDay dan CoC yang sedang digandrungi orang serumah… kalau ga bisa nyambung ke server, saya pasti dapat keluhannya.
Solusi pindah provider sepertinya tak ada. Setelah mencari-cari ternyata hanya Smartfren dan Indosat saja yang menyediakan affordable broadband service with unlimited quota. Jadi, pilihannya ada dua:

  • Menaikkan paket dari 100.000 menjadi 200.000 dengan provider yang sama (FUP naik dari 5GB menjadi 12GB)
  • Menurunkan paket dari 100.000 menjadi 50.000 dan mengkhususkannya untuk Zoneminder (FUP turun jadi 1,5GB; ga masalah karena hanya dipakai untuk kirim email), sementara 50.000 sisanya dialokasikan ke provider lain (45.000 Bolt untuk 4GB/30 hari)

So? Saya belum memutuskan sih. Sepertinya opsi kedua lebih menarik walau saya harus menambah infrastruktur (beli MiFi Bolt).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top