DIY: Cruise Control On Honda BR-V, Wiring

Saya pakai 3DA, wiringnya seperti di atas. Concernnya cuman satu: kabel merah. Kalau saya sambung sesuai dengan diagram, berarti si 3DA akan nyala terus walau kontak off. Bakal awet kah? Kalau saya sambung ke ACC1 atau ACC2, ada kemungkinan 3DA nya belum ready saat saya (atau orang lain) start engine. Well, untuk yang ini saya sementara sambung sesuai dengan diagram. Next saya akan pindahkan ke ACC2 (On) kabel kuning.

Nah untuk kabel abu saya sambung langsung ke kabel rem sesuai panduan gambar di atas. Mesti tes dulu biar ga salah, kalau ga punya tester, led buat tes sudah disiapkan oleh Pivot.

Untuk kabel pink, reverse wire saya ambil dari head unit karena BR-V pada umumnya sudar ready reverse wire untuk mengaktifkan kamera parkir. Untuk Kenwood, warna kabel ungu strip putih.

Nah, spesial untuk BR-V, ngikut kakaknya Mobilio, VSS dari mobil tidak bisa langsung diumpankan ke 3DA, error mulu. Makanya perlu Speed Pulse Adaptor (THA-SA). Problemnya, manualnya tidak ada yang berbahasa Inggris.

Untung ada Google Translate. Hitam ke ground, kuning ke ACC2, putih ke VSS mobil, hijau Ke VSS di 3DA.

Next step, soal VSS di mobil. Plan ambil sinyal dari speed sensor, lokasinya di atas gearbox, di bawah box air filter. Nunggu ada liburan lagi.

March 3rd, 2019 by