DIY: Bersihin AC rumah

Waktu PSBB saya ga bisa panggil tukang buat bersihin AC, eehh di masa transisi ini malah tukangnya yang ga ada. Di toko langganan saya terpampang tulisan “Dicari: tukang/ kenek Servis AC“.

So, kenapa ga bersihin sendiri aja? Perkara ngerjain sendiri, apapun itu kerjaannya, yang susah itu bukan cari alat atau waktu, tapi cari niat itu yang paling susah… 🤣 Tapi kali ini tinggal cari alatnya sih. Pompa air, saya punya Nilfisk, 100bar (1.450psi). Cuman dari hasil cari-cari sepertinya terlalu kuat, sirip-sirip evaporator bisa lepas. Mesti cari yang lebih kecil tekanannya. Pompa 160psi sepertinya cukup. Saya beli di olshop, sekalian dengan plastik cuci AC.

Rakit pompanya sih gampang, UYCS kalau kata para sohib di Perikertas. Cuman cara pasang plastik cuci AC nya hang rada tricky. Bentuknya seperti rumah terbalik, tapi satu sisi plastiknya lebih panjang. Setelah Googling, baru tahu ternyata sisi yang panjang diselipkan ke belakang AC, agar air yang jatuh tak mengenai dinding. Walau kelihatannya mudah, pasang plastik jahanam itu lebih lama dari bersihin ACnya…

Bersihinnya dengan hati-hati karena di bawahnya ada tumpukan koleksi milik BTS Army… 😁

Bersihinnya simpel. Lepas cover AC, copot stop kontaknya, pasang plastik cuci AC (jangan lupa kasih ember di ujung selang), dan semprot mulai dari blowernya dulu (yang paling menyenangkan), baru sirip-sirip evaporator. Dan yakinlah jangan sampai membasahi bagian kelistrikannya, saya kasih huruf tebal, karena ini yang paling penting. Setelah yakin bersih, lap kering sisa-sisa tetesan air, lalu colok stop kontak, dan nyalakan AC. Sisa air di blower akan terlempar keluar, angkat sedikit plastik cuci AC agar cipratannya tak kemana-mana. Setelah filter AC juga dicuci, kembalikan semuanya.

Biaya. Pompa cuci motor lengkap 189rb. Plastik cuci AC 26rb, ongkir gratis. Total cuman 215rb. Jasa cuci AC di tempat langganan dulu 50rb, cuci 5 AC udah balik modal, plus nambah konten di blog 🤣🤣🤣

PS. Buat outdoor unit, saya bersihin pakai Nilfisk. Posisinya cukup mudah karena sejajar dengan lantai 2 jadi bisa disemprot agak jauh biar tekanannya tak terlalu kencang.

July 12th, 2020 by