NAT, a.k.a Network Address Translation

Sangat menyebalkan kalo nggak bisa nge-browse web server sendiri. Padahal fisiknya deket banget sama kita. Uh…
Ceritanya aku kan hosting di serverku sendiri, ngejogrok di kantor. Karena public IP semua dimasukkan ke NAT, web serverku jadi ngaco. Diakses dari luar OK, tapi kalo diakses dari LAN kok nggak pernah bisa. Uh, sebel jadinya. Ada yang punya ide gimana solve nya? Network Admin kantorku juga nggak tahu sebabnya, dan kayaknya rada males betulin.
Wagu kan, kalo kita mau lihat situs kita sendiri dari kantor, mesti dial up. Huuu… nggak OK banget! Seperti sekarang nih. Update blog mesti konek pake TelkomNet@Instan dulu. Udah boros, nggak cepet, dan super wagu. Seperti mau ngambil kue di kotak di depan mata, tapi ngambilnya pake pancingan yang panjangnya lima meter… Hua… nggak tahu deh mau diakalin gimana.

3 thoughts on “NAT, a.k.a Network Address Translation”

  1. bener kan emang bukan lucu tapi WAGU wuakakakakak..selamat berjuang deh pak, moga-moga tali pancingnya ngga putus pas ngangkat tu kue wuekekekek aka bapak bisa apdet weblog tanpa musti dayelap sgala 😉

  2. Kaya’nya sih paling gampang pakai kabel crossed ke servernya hehehehehe….
    Coba deh, dikasih rule di NAT rule yg paling atas (pokoknya sebelum rule NAT yg laen2) yg bunyinya:
    Source: internal_net, destination: internal_net, port: . Ditranslate: Source: original, Destination: original, port: original.
    Ini sih nama kerennya “Anti-NAT rule”, memang bunyinya rada2 ada roh pemberontakan, tapi coba dulu deh, semoga direstui oleh YME n manjur :))

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top