Membuat Wiper Belakang Berdiri


Buat apa? Bukan sekedar JDM style, tapi posisi berdiri membuat wiper yang jarang dipakai ini tidak menampung debu terlalu banyak. Berikut cara yang saya lakukan di GE8.


Pertama, lepas penutup sekrup wiper. Renggangkan bagian bawahnya ke kiri dan ke kanan lalu angkat.
Kedua, menggunakan kunci nomor 10 lepas wiper dari porosnya. Gagang wiper biasanya agak sulit ditarik, tapi pasti bisa kok. Pelan pelan saja.
Ketiga, buka door trim pintu belakang. Mulailah dari atas bagian ujung, lalu ujung satunya lagi, kemudian bagian tengah atas, lalu tengah pintu, dan yang terakhir bagian bawah. Pakai gambar-gambar di bawah ini sebagai referensi.


Keempat, lepas kabelnya (dilingkari kuning) kalau bisa. Kalau tak bisa, anda perlu berakrobat sedikit untuk melakukan DIY ini. Lalu lepas tiga mur penahan motor wiper (dilingkari merah). Lihat gambar di bawah.

Kelima, buka keempat mur penutup mekanika wiper. Hati-hati karena parts bagian dalamnya dapat lepas. Lihat gambar di bawah.

Perhatikan instalasi awal lengan penggerak wiper. Ujung kiri terhubung dengan roda gigi besar berwarna putih (disilang merah) sedangkan ujung kanan terhubung dengan tuas penggerak poros wiper. Lihat gambar di bawah.

Keenam, angkat ke atas poros sebelah kiri (dilingkari merah) tanpa menggerakkan roda gigi besarnya, lalu pindahkan ke lobang diseberangnya. Lihat gambar di bawah.

Ketujuh, tutup kembali penutup mekanika wiper, pasang di pintu, dan kencangkan mur-murnya. lalu pasang bilah wiper dalam posisi berdiri. Cobalah menyalakan wiper untuk mengatur posisi batang wiper agar gerakannya tidak melebihi kaca.

Jika sudah puas dengan gerakan wiper, periksa kembali kekencangan mur-murnya, lalu pasang lagi door trimnya.

11 thoughts on “Membuat Wiper Belakang Berdiri”

  1. Redho Ardian Wildan

    pak adhi, pada saat terpasang semua, gimana dengan wipernya? apa dipasang tegak atau kembali diposisi awal? terima kasih pak.

  2. Pak gambarnya ko ngak muncul.. Saya juga pingin di berdirian tapi malah ke bawah body pas nyalanya .. Salah berarti ya pak

  3. Om adhi, punya saya avanza old model 2011, sudah digeser yang dibalik trimnya. Tapi yang jadi masalah batang wiper keras banget ga bisa dilepas. Sudah disemprot wd40 juga ga bisa lepas. Solusinya diapakan lagi ya om?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top