Cara Membersihkan Keping CD / DVD

Kebanyakan orang, termasuk saya, menyimpan keping CD/ DVD di dalam binder plastik. Binder jelas menyimpan lebih banyak daripada menggunakan jewel case. Lagipula, katanya, jewel case memiliki resiko terkena jamur karena terdapat rongga udara di antara keping CD/ DVD.
Tapi ternyata sama saja! Sleeve yang saya pakai untuk menyimpan CD dan DVD ternyata meninggalkan bekas/ noda pada kepingnya! Keping-keping itu jadi susah dibaca oleh reader. Harus dibersihkan nih! Data yang saya simpan terlalu penting: foto dan home video.
Cara pertama saya hanya menggunakan air keran dan tissue, gagal. Cara kedua ekstrim: pembersih noda aspal buat mobil, tapi ini gagal juga. Cara ketiga: cuci dengan sabun cuci tangan, yang ini kadang berhasil, tapi lebih sering gagalnya. Cara keempat: cuci dengan sabun cuci piring yang iklannya bisa menghilangkan lemak membandel. Nah yang ini berhasil, walau tetap saja dari puluhan ribu file masih ada yang tak terbaca (relakan saja dah).
Cara cucinya, pertama ambil tissue, lalu lipat sampai sedikit tebal. Basahi dengan air sedikit, lalu tuangkan beberapa tetes Sunlight di atasnya. Basahi keping sampai merata. Gosok keping menggunakan tissue yang sudah diberi sabun. Gosoknya mesti dari dalam ke luar (dan sebaliknya). Tidak boleh digosok memutar karena jika terjadi swirl mark akan mengganggu proses baca optik. Saya sih gosoknya sampai sekuat tenaga, seringnya sampai tissuenya sendiri hancur. Setelah itu dibilas dengan air, dan goncang-goncangkan untuk meminimalisasi air yang tersisa.Untuk mengeringkannya cukup diletakkan di atas tissue yang sudah dibuka. Lalu tutupi dengan tissue lagi di bagian atasnya dan ditepuk-tepuk perlahan. Jika masih ada air, seka menggunakan tissue baru dari arah dalam ke luar. Untuk keping yang ada stikernya, keringkan juga. Habis itu coba deh dimasukkan lagi ke reader. Kalau belum bisa, langkah di atas bisa diulang 1 – 2 kali lagi.
Sekarang, saya tak akan mem-backup data penting ke keping-keping itu lagi. Lebih baik beli harddisk saja yang gedean. Nanti kalau sudah punya uang lebih, saya akan bikin dua backup identical di dua harddisk.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top