Nambah Ilmu

Seminggu kerja di sini saya pikir bakal “mati bosan”. Variasi kerjaan jelas sangat sedikit kalau dibandingkan dengan kerjaan di vendor yang aktif (aktif lho ya, bukan yang pasif). Tapi untungnya, saya bisa main-main dengan “real data”.
Tadi malam proses datawarehouse mengeluarkan alert. Sesampainya di kantor saya langsung cek, soalnya waktu saya hanya sampai jam 11 malam nanti untuk resolve sebelum data berikutnya masuk. Mysql client out of memory… Apa lagi tuh! Ternyata ada 1 tabel yang sudah “mekar” sampai 4,3GB! tabel pasangannya pun sudah sampai 4GB. Mysql client nya nyerah karena ada beberapa query yang menarik keseluruhan data. Saya pikir ini kesalahan developer membuat query code tidak efektif dan efisien. Well, memperbaiki workflow orang lain bakal perlu lebih dari 1 hari, apalagi saya lihat sekilas ada belasan program yang seperti itu. Wow… Mesti nyari alternatif lain: otak atik sistemnya.
Setelah nyari di sana sini akhirnya saya mesti melakukan patch di enginenya dan mengubah sedikit di koneksi databasenya. Jalankan ulang, perlu waktu sekitar 1 jam. Kalau molor kurang dari 2 jam karena perubahan ini, masih bisa diterima lah. Kalau lebih, saya mesti berpikir ulang dari awal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top