Bandwidth untuk Zoneminder streaming

Wow! Gede juga ternyata ya. Pilihan jadi lebih sempit lagi nih! Tadi pagi saya coba test via WiFi bandwidth yang diperlukan untuk Zoneminder streaming ke henpon. Ternyata untuk 1 kamera warna 24 bit dengan resolusi 640×480 pixel membutuhkan antara 150KBps – 300KBps! Wedew. Itu berarti kalo dalam bits per second (satuan yang sering dipakai oleh provider biar kelihatannya cepat) antara 1,2Mbps – 2,4Mbps!
Saat ini saya punya dua modem broadband yang sudah sukses jalan di Ubuntu Natty 64. Tinggal pilih providernya nih. Baru lihat Smartfren, yang paket Unlimited pun upload speednya hanya 128Kbps (16KBps). Kalau pakai paket Doublespeed pun upload speednya “cuman” 384Kbps (48KBps). Kalau pakai yang paket Volume sih bisa ya, uploadnya sampai 1,8Mbps (225KBps) cuman mau streaming berapa lama? 100 ribu per bulan pun cuman dapat total 6GB. Mendingan buat download film!
So, solusinya memang ada dua: tetap mencari provider dengan fitur unlimited dengan bandwidth mencukupi, atau menurunkan kualitas streaming ZM. Hm…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top