DIY: Wiper Stand Honda New Jazz

Tahukah anda kalau lengan wiper ditekan ke atas kaca menggunakan per? Kebiasaan mengangkat lengan wiper saat parkir dengan alasan agar karet lebih awet malah bisa melemahkan per lengan wiper itu sendiri. Akibatnya sapuan wiper tidak akan maksimal. Cara yang tepat untuk “menggantung” karet wiper adalah dengan memasang wiper stand.

Saya kemarin akhirnya sukses mendapatkannya di salah satu toko perkakas, sekitar 40 ribu sepasang. Pastikan kita membeli yang pas dengan arah sapuan wiper kendaraan kita. Mobil saya pakainya yang RR, jadi sapuannya dari bawah ke atas kanan (dilihat dari sisi dalam mobil).

Nah, tricy parts adalah cara memasangnya.


Mulai dari wiper kanan yang saya rasa lebih mudah. Kalau kita perhatikan, kaki wiper stand sudah berbentuk miring, tapi jika kita pasang posisinya tidak begitu pas dengan kemiringan kaca mobil. Jadi langkah pertama (panah merah) adalah melepas sekrup pengencang kaki wiper stand, tarik kakinya dan putar 180 derajat, lalu kembalikan. Setelah itu pasang wiper stand pada lengan wiper, taruh di ujung paling dekat dengan pangkal lengan (garis kuning) dengan kaki wiper stand berada di bawah wiper blade (panah biru). Atur ketinggian kaki wiper stand agar karet wiper benar-benar tergantung, dan kencangkan sekrupnya.

Untuk wiper bagian kiri lebih rumit karena mesti trial error untuk mmenentukan posisi yang pas. Langkah pertama sama dengan bagian kanan, putar 180 derajat kaki wiper stand (panah merah). Kemudia pasang wiper stand pada lengan wiper persis di tengah-tengah bagian lengan yang lurus (garis kuning), dan posisikan kaki wiper stand berada di atas wiper blade (panah biru). Atur ketinggian kaki wiper stand dan kencangkan sekrupnya.

Setelah semua terpasang, cobalah menggerakkan wiper dari konsol. Untuk settingan saya, kaki wiper stand akan otomatis terangkat saat wiper mulai bergerak ke atas sehingga karet wiper menempel sempurna pada kaca. Jika settingan anda tidak bekerja sesuai harapan, bisa atur kembali ketinggian kaki wiper stand, atau geser kanan/ kiri posisi wiper stand pada lengan wiper tapi jangan jauh-jauh dari pengaturan yang saya pakai. Percayalah, saya sudah mencoba berbagai posisi (bagian belakang lengan wiper sampai cacat tertekan sekrup pengencang) sebelum akhirnya menemukan yang pas seperti di atas.
Semoga bermanfaat.

6 thoughts on “DIY: Wiper Stand Honda New Jazz”

  1. Redho Ardian Wildan

    salam kenal pak adhi. info” buat mobil jazz dan fit bagus2.
    saya mau tanya pak apakah wiper stand ini tidak membuat goeran pada kaca mobil saat digerakkan menggunakan konsol?
    trima kasih sebelumnya.

  2. Wiper stand hanya meninggalkan bekas pada tempat dia berdiri saja di atas kaca. Itupun bisa dihapus dengan mudah. Saat wiper diaktifkan melalui konsol, stand akan langsung terangkat dengan sendirinya, dengan syarat pemasangannya tepat yah, sehingga tidak menibggalkan goresan pada kaca.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top