DIY: Engine Start – Stop Button, Part #1

Sedihnya kalau lihat fitur mobil disunat oleh ATPM. Honda BR-V di luar negeri diberi fitur smart key, smart entry, serta one push ignition system. Teorinya, kalau kita sanggup beli spare partnya lalu diaplikasikan ke mobil keluaran HPM, mestinya bisa yah. Kendalanya: yang bisa/ mau pasang siapa? Trus harganya berapa? HPM jual filter AC saja harganya almost unreal.

Kalau add-on start engine biasa yang sudah beredar, itu hanya membuat mobil jadi sama dengan motor: masuk mobil, colok kunci, putar, trus tekan tombol start. Matikan mesin harus putar kunci lagi. Kalau one push ignition system kan tinggal masuk mobil, injak rem dan tekan tombol start-stop untuk menyalakan mesin. Matikan mesin tinggal tekan tombol start-stopnya lagi.

So, masih WIP (work in progress), saya membuat solusi alternatifnya. Penyempurnaan dari sumber yang saya dapat dari Internet (thx to civicjunkie.com): pakai microcontroller Arduino.

Hasilnya (masih di atas protoboard) as below:

Saya akan update lagi setelah modulnya dirakit dan terpasang di mobil.

3 thoughts on “DIY: Engine Start – Stop Button, Part #1”

  1. saya sudah pernah lihat sebelumnya juga dari civicjunkies dan modalnya pun tidak terlalu merogok kocek dan instalasi tidak terlalu rumit, ditunggu updatenya pak!

    sedikit pertanyaan, apakah tidak sayang menghilangkan fungsi steering lock ?

  2. Kalau di civicjunkies rumah kunci dicopot, terlalu ekstrim. Buat saya nanti rumah kunci tetap ada. Akan bikin kunci tanpa gagang untuk bypass steerlock, tapi bisa dilepas juga setiap saat jika parkir di daerah yang dirasa tak aman.

  3. Pingback: DIY: Engine Start – Stop Button, Part #2 – Catatan Harian Adhi Widjajanto

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top