Perawatan Projector HID

Sudah sekitar satu tahunan saya merasa headlamp mobil saya tidak terang. Projector Bosch oem e46 yang saya pakai memang cutoff nya soft, jadi memang tidak menimbulkan kontras antara terang dan gelap, yang sebenarnya membantu visibilitas driver. Cuman setelah minggu lalu ganti kaca film dari 20% ke 40%, langsung berasa kayak ga pake lampu.

Sebelum dibersihkan, kusam, ga terang.

Sebelum saya memutuskan untuk ganti semua, weekend kemarin akhirnya saya bongkar. Ternyata lensanya super berdebu. Plus, bowlnya sangat kotor. Waktu saya bersihkan, bowl kiri tergerus chrome nya. Hm… sudah tua sepertinya. Maklum, ini projie copotan, entah sudah berapa lama dipakai di mobil aslinya.

Debu gosong dari bowl. Seram…
Bowl projector kiri, baret-baret dan sudah kusam.
Bowl projector kanan, masih kinclong walau sudah ada burn mark sana sini.

Setelah semua dibersihkan, saya coba nyalakan dan ukur cahayanya. Cukup signifikan sih peningkatannya dari sebelum dan setelah dibersihkan, walau projie yang kiri intensitasnya jauh di bawah projie kanan, dan intensitasnya jauh turun dibandingkan saat baru.

Setelah dibersihkan, kondisi saat diukur intensitasnya (tanpa mika terpasang).
Intensitas projie kiri, terukur 22.810 Lux dengan jarak pengukuran 80cm dari ujung lensa, mika headlamp belum terpasang.
Intensitas projie kanan, terukur 33.090 Lux dengan jarak 80cm dari ujung lensa, mika headlamp belum terpasang.

Saatnya beralih ke BiLED? Sudah lirik sana sini sih, antara beli OEM lagi, atau branded bnib, atau yang aftermarket tapi intensitas superb. Problem lain muncul, mika headlamp juga sudah terkikis coatingnya. Sangat tergoda untuk bikin headlamp lagi, hahaha…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.