Cara Pakai Bike Rollers

Hari kedua, sudah pakai RB tapi belum pakai sepatu sepeda… 🤣

Bike rollers Deuter ini tinggi, sekitar 10cm. Pertama naik saya hanya berani pakai MTB (lihat di IG reel deh) dengan sadel serendah mungkin agar kedua kaki bisa menapak ke lantai. Itupun mesti nyender ke dinding dulu. Ribet dah… 😂

Waktu mulai gowes adalah hal tersulit. Sepeda harus diusahakan bisa setegak mungkin, dan akselerasi secepatnya karena semakin kencang roda berputar semakin stabil juga sepedanya. Step berikutnya yang tak kalah ribet adalah melepas pegangan dari dinding (atau apalah) dan pindah pegang setang. Kalau speed rendah hampir bisa dipastikan roda bakal goyang. Nah kalau sudah stabil tinggal maintain balance & speed.

Fokus, jangan gerak mendadak, dan pandangan ke depan aja. Meleng dikit bisa bikin roda geser ke samping, bikin kita grogi, panik, dan akhirnya bisa jatoh beneran (blom kejadian si).

Untuk berhenti jangan pake rem karena roda akan berhenti mendadak dan gaya sentrifugal yang bikin sepeda bisa berdiri hilang, jatoh ntar. Jadi kalau saya biarin aja menggelinding sendiri, kaki kanan di bawah dan kaki kiri bertumpu di pijakan kaki rollers.

Saya baru berani pakai RB setelah dua kali jajal pakai MTB. Itupun sampai sekarang belom berani pakai cleat, biar naikin confidence dikit lah.

Ada yang mau kasih tips biar gowes di atas bike rollers lebih mudah? Saya dapat satu dari GCN.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top