DIY: Throttle Body Bypass

Tahukah anda pada Honda Jazz GE8 coolant dari radiator mengalir juga ke throttle body (TB)? Fungsinya (kemungkinan) untuk menghangatkan TB saat mesin baru dinyalakan (cmiiw). Untuk iklim tropis seperti Indonesia sepertinya fitur itu tak berguna, malah sedikit merugikan karena dengan TB yang “hangat” membuat udara yang mengalir melaluinya juga ikut panas. Sepertinya logika tersebut juga terlintas di pemikiran orang-orang Honda Indonesia sehingga saat mendesain Honda Mobilio, coolant sudah tidak lagi mengalir melalui TB walau “lubangnya” masih ada.
Demi menurunkan suhu udara yang masuk ke intake, saya mencoba bypass sendiri aliran coolant agar tidak melalui TB lagi. Caranya?



Coolant masuk ke TB melalui selang sebelah kiri dan keluar melalui selang sebelah kanan.

Proses bypass bisa dengan dua cara, bypass pada titik 2 dan 3 menggunakan konektor, atau bypass pada titik 1 dan 4. Saya pilih yang kedua karena akan mengurangi jumlah sambungan.

Mengganti selang pada titik nomor 1

Mengganti selang pada titik nomor 4

Hasil bypass. Selang baru saya ikutkan jalur lama agar tidak mengganggu selang dan kabel lainnya.


Lubang TB yang terbuka ditutup dengan selang agar tidak kemasukan kotoran.
Oh ya, sebagai tambahan berikut fungsi coolant mengalir melalui TB, diambil dari ESM (Electronic Service Manual) Honda GE8:

12 thoughts on “DIY: Throttle Body Bypass”

  1. Om Adi, numpang tanya. Throttle body Saya patah di posisi no 3, sehingga air radiator bocor dari sana.

    kebetulan saya liat om Adi experiment utk bypass agar air radiator tdk perlu lewat TB, hasil nya bagaimana om skrg? Aman untuk digunakan harian atau saya tetap harus ganti TB?

    Ada no WA utk diskusi om Adi? Terimakasih banyak utk artikel yg sangat membantu

    1. Bypass air radiator ke TB sih aman Om. Kebetulan Jazz saya sudah dijual jadi pake testi punya teman-teman yang ikutan lepas sampai sekarang ga ada komplain. Plus, di BR-V saya juga dari pabrik ud ga ada air radiator ngalir ke TB.

    1. Wah, saya beli di toko, ga online. Selang asli saya bawa trus tunjukin cari yang sejenis. Gitu sih… hehehe…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top